News  

18 Guru di Belu Ikut Lomba Tulis Karya Ilmiah

18 Guru di Belu Ikut Lomba Tulis Karya Ilmiah

TIMORDAILYNEWS.COM  – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan menggelar Lomba Tulis Karya Ilmiah Bagi Guru Berprestasi.

Kegiatan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pada Satuan Pendidikan Dasar ini berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, Selasa (13/12/2022).

Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, Yosefina Leny M. Katho menjelaskan, kegiatan lomba karya ilmiah bagi guru SD dan SMP ini dilaksanakan untuk mendorong dan meningkatan mutu pendidikan, serta menilai prestasi yang dicapai oleh para guru, serta meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas.

“Ada 4 standar kompetensi yang harus miliki oleh seorang guru yakni Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Kompetensi Profesional. Kita mengadakan lomba tulis karya ilmiah ini untuk mendapatkan guru-guru yang berkompetensi,” ungkapnya.

Dikatakan pula, peningkatan kompetensi guru sangat berdampak positif pada peningkatan karier dan karya tulis ilmiah ini sebagai salah satu syarat untuk kenaikan pangkat bagi guru fungsional.

“Oleh karena itu, Bidang Ketenagaan melakukan kegiatan ini untuk menjaring guru berprestasi di Kabupaten Belu,” katanya.

Dijelaskan Kabid Leny, sebelum kegiatan perlombaan ini digelar, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

“Sebelum pendaftaran peserta, kita sudah jelaskan terlebih dahulu soal sistematika, baru pengumpulan karya tulis dan pada tahap akhir mempresentasikan hasil karya ilmiah itu,” terangnya.

Kabid Leny Katho berharap, melalui kegiatan ini, para guru bisa berbagi pengalaman kepada sesama rekan guru yang lain.

“Bahwa mereka tidak hanya datang untuk berkompetisi, tetapi mereka juga berpraktek dan belajar pengalaman dari peserta lainnya, untuk diterapkan di sekolah masing-masing,” tukasnya.

Pius A. L. Berek selaku Tim Juri dari Universitas Timor mengaku bangga dengan guru-guru di perbatasan RI-RDTL, Kabupaten Belu.

“Guru-guru di Belu sangat luar biasa pemaparannya. Ada beberapa guru yang sudah menggunakan blog website untuk pembelajaran bagi anak-anak didik,” ucap Pius Berek.

Mantan Direktur Akper Atambua ini mengapresiasi Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan yang sudah mengundang pihaknya untuk menjadi tim juri kegiatan lomba guru berprestasi Kabupaten Belu tahun 2022.

“Ini sangat luar biasa, ternyata Bidang Ketenagaan sudah memberikan fasilitas dan menyediakan ruang kepada para guru untuk berkreasi,” ujar Pius Berek.

Lanjut dia, ketika dibuka ruang untuk berkreasi, potensi yang selama ini terpendam mulai bermunculan dan tampil.

“Salah satu guru bercerita, bahwa dirinya masih bisa berkreasi dengan kondisi keterbatasan jaringan internet disekolahnya. Ia mengikuti lomba tulis karya ilmiah ini bukan untuk meraih juara, tetapi untuk mendapat pengalaman. Ini potensi yang sangat bagus dan baik untuk dikembangkan,” katanya.

Ia berharap agar kegiatan yang di gagas oleh Bidang Ketenagaan ini terus dilanjutkan untuk membuka ruang bagi guru SD dan SMP dalam berkreasi.

“Semoga guru-guru disini tidak hanya berkompetisi di tingkat Kabupaten tetapi dapat juga berkompetisi di tingkat Provinsi maupun Nasional,” pungkasnya. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *