Aksi Damai Tenaga Medis Malaka Libatkan Warga, Ciptakan Kerumunan

(Tenaga Medis Malaka, Penuhi Ruang Paripurna DPRD Malaka)

(Aksi Damai Di Gedung DPRD Malaka Libatkan Warga  Ciptakan Kerumunan, Kamis 28/01/2021) 

TIMORDAILY.COM, MALAKA – Aksi damai tenaga kesehatan yang tergabung dalam Perhimpunan Tenaga Lintas Profesi Kesehatan Kabupaten Malaka menampilkan suasana berbeda di saat masa pandemi Penyakit Coronavirus 2019 (Covid-19). Aksi unjuk protes itu malah menciptakan kerumunan orang.

Sesuai pantauan di Kantor DPRD Kabupaten Malaka, Kamis (28/1/21) siang, sejumlah tenaga medis menyerobot masuk ke Kantor Dewan tanpa menghiraukan sarana cuci tangan yang ditempatkan di pintu masuk kantor yang dikendalikan Sekretaris DPRD Kabupaten Malaka, Carlos Moniz.

BACA JUGA; Demo Detik-Detik Terakhir Kepemimpinan Bupati SBS Tenaga Kesehatan Malaka Ancam

Tempat cuci tangan berwarna biru yang disimpan di atas kursi itu dilengkapi dengan sabun dalam kemasan botol bertuliskan Hand Mouistueizer Soap. Namun, seolah-olah tidak dihiraukan semua yang berdatangan.

Entah sadar atau tidak, semua orang yang berdatangan baik tenaga medis dan warga lain sepertinya tidak menyentuh sarana taat protokol kesehatan tersebut. Ini terbukti dari ukuran air dalam wadah tersebut tidak habis digunakan pendatang. Ukuran air dalam wadah itu tidak berkurang.

Disaksikan, air dalam wadah baru berukuran setengah. Padahal, jumlah pendatang kurang lebih ratusan dengan puluhan orang yang menyerobot masuk ke ruang sidang seharusnya bisa habis terpakai. Sejumlah tenaga medis menyerobot masuk di saat Dewan Malaka sementara menggelar rapat dengar pendapat (RDP).

Usai didengar pendapat, para tenaga tenaga medis itu pulang dengan mengendarai beberapa ambulance sambil membunyikan sirene.

Sebelumnya, para tenaga medis itu tiba di Kantor Dewan, Kamis (28/1/21) sekitar pukul 11. 55 Wita dengan menyertakan oknum masyarakat lain di antaranya Roy Tey Seran, warga Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka.

Pada kesempatan penyampaian aspirasi, utusan tenaga medis, Fery Fahik dalam pernyataan kepada pimpinan dan anggota Dewan mengatakan kedatangan para tenaga medis di Kantor Dewan bertujuan untuk menyampaikan beberapa hal terkait kunjungan Dewan di Rumah Sakit Penyangga Perbatasan (RSPP) Betun, Selasa (21/1/21) sore.

Menurut Fery, kunjungan Dewan saat itu para tenaga medis di RSPP Betun merasa tersinggung dengan perkataan Hendrikus selaku pimpinan Dewan saat kunjungan tersebut. Para tenaga medis yang bertugas saat itu merasa tidak layak dan tidak pantas di tengah masa pandemi Covid-19.

(Situasi di luar Gedung DPRD Malaka, Aksi Damai Di DPRD Malaka Libatkan Warga Dihiasai Kerumunan)

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Hendrikus Fahik Taek dan sejumlah anggota dalam menerima aspirasi yang menerima penerimaan yang cukup hangat ketika menerima aksi damai para tenaga medis.

“Ini rumah rakyat. Datang dan kita terima. Kita akan mendengar dan mendengar. Kita membina jalannya diskusi,” kata Hendrikus. Hendrikus mengaku tidak menyinggung perasaan tenaga medis. Kunjungan dilakukan secara resmi dengan laporan pejabat rumah sakit. (VIA / TIM / TIMORDAILY / TIMORDAILY.COM)

Editor: Oktavian SUB

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *