Banjir Bandang Benenai di Malaka Sisakan Lumpur Tebal

TIMORDAILY.COM,MALAKA – Sembilan hari usai diterjang banjir bandang luapan Benenai, masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai berbenah membersihkan lumpur sisa-sisa banjir. Senin (12/4/2021).

Pantauan TIMOR DAILY Senin (12/4/2021). Sebagian warga terdampak banjir masih kesulitan membersihkan lumpur, akibat tebalnya lumpur hingga betis orang dewasa.

“Lumpur cukup tebal. Jadi harus pakai sekop kalau mau bersihkan rumah,” kata Marselus, warga Desa Naimana yang ditemui TIMOR DAILY.

Banjir bandang menghantam 7 kecamatan di Kabupaten Malaka itu yang paling terparah Kecamatan Malaka Tengan, Kecamatan Malaka Barat, Kecamatan Weliman.

Akibatnya, sedikitnya 7 warga tewas, 2 hilang, dan 5.678 ribu jiwa sempat dilarikan ke posko pengungsian. Selain lumpur yang tebal, warga juga sulit membersihkannya karena kesulitan air.

Menurut Marselus, akibat kekurangan air, warga desa kesulitan air untuk menyiram sisa-sisa lumpur keluar yang tertinggal dalam rumah mereka.

“Warga terlihat pasrah, sebab lumpur setebal ini harus membutuhkan air untuk mempermudah dalam proses pembersihan,”kata Marselus.

Meski telah surut banjir bandang yang menerjang Desa Naimana serta lainynya masih menyisakan trauma tersendiri bagi warga.

Hal serupa dirasakan Manuel warga desa Fahiluka. Tumpukan lumpur tebal itu menjadi derita warga, karena menumpuk di depan rumah dan terparah di dalam rumah.

Dengan peralatan sederhana, warga mencoba membersihkan lumpur yang masuk ke rumah karena terbawa saat banjir bandang menerjang beberapa waktu lalu.

Lumpur tebal tersebut diduga merupakan lumpur yang dibawa arus banjir dari sungai Benenai yang telah beralih menjadi lahan pertanian.

Warga berharap, hutan desa yang berada di dekat Daerah Aliran Sungai (DAS) tanggul dikembalikan kembali fungsinya menjadi hutan jati.

“Sehingga jika hujan deras air bisa meresap ke tanah tidak langsung turun ke pemukiman warga,”harap Manuel.(via/TIMORDAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Editor: Oktavianus Seldy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *