News  

Begini Cara Unik  TNI Di Batas RI-RDTL Bangkitkan Minat Belajar Murid SD

TIMORDAILY.COM,ATAMBUA – Metode mengajar berbeda ditunjukan  oleh salah satu anggota personel Pos  Asamanu  Pratu Hidayatullah saat menjadi pengajar di SD Fatuloro yang terletak di Dusun Leomanehat,Desa Asumanu Kecamatan Raihat,Kabupaten Belu,Wilayah Perbatasan RI-RDTL.

Metode yang digunakan Pratu Hidayatullah untuk memancing minat belajar siswa cukup menarik, yaitu dengan memberikan jajanan kepada siswa yang mampu menyelesaikan setiap persoalan yang diberikan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/10/2020).

Dikatakannya, sambil mengajar siswa-siswi di SD Negeri Fatuloro, Pratu Hidayatullah menyemangatinya dengan memberikan jajan kepada mereka. Hal tersebut juga atas izin dari Kepala Sekolah SD Negeri Fatuloro, Bapak Martinus Seran S.Pd.

“Siswa-siswi tampak senang dan bersemangat mengerjakan soal yang diberikan agar mendapatkan jajanan yang telah disediakan oleh Personel Satgas.” jelasnya

“Ini sesuatu yang tidak biasa, namun ini bisa menjadi terobosan yang baik dalam meningkatkan minat, semangat dan kualitas belajar di sekolah khususnya mereka yang masih duduk di bangku sekolah dasar.” tambahnya

Menurutnya, pemberian jajan merupakan salah satu bentuk apresiasi dalam memberikan penghargaan dan pujian kepada siswa-siswi agar lebih baik lagi dalam melakukan semua kegiatan di sekolah.

Revan (12) merupakan salah satu siswa di kelas 5 SDN Fatuloro yang mengungkapkan rasa senangnya atas metode belajar yang diberikan oleh personel pos Asumanu yaitu Pratu Hidayatullah.

“Kami sangat senang mendapatkan jajan dari Bapak TNI. Untuk mendapatkannya saya harus bisa mengerjakan tugas yang diberikan dan kita harus lebih tekun dalam belajar. Kami berharap bapak TNI bisa datang kesini lagi” ujarnya dengan senyum bahagia.

Tidak hanya siswa-siswinya, bapak kepala sekolah juga sangat mengapresiasi dan senang atas cara yang diberikan TNI kepada siswanya di sekolah.

“Saya selaku kepala sekolah mengucapkan terimakasih kepada bapak TNI. Saya lihat anak-anak sangat antusias dan bekerja keras dalam belajar untuk mendapatkan jajan. Hal sekecil itu justru dapat meningkatkan semangat belajar murid kami” tuturnya

Upaya meningkatkan semangat belajar dilakukan oleh Personel pos Asumanu Satgas Pamtas Yonif 744/SYB dengan tujuan untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa karena melalui merekalah yang kelak akan menjadi penerus bangsa ini.(INO/TIMORDAILY/TIMORDAILY.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *