News  

Buka Bimtek LKPM Online Angkatan I, Wabup Belu : Kita Berkomitmen Beri Dampak Positif

Buka Bimtek LKPM Online Angkatan I, Wabup Belu : Kita Berkomitmen Beri Dampak Positif

TIMORDAILYNEWS.COM – Wakil Bupati Belu Drs. Aloysius Haleserens, MM membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (LKPM ONLINE) Tingkat Kabupaten Belu Angkatan I dengan tema “LKPM Pintu Masuk Realisasi Investasi Daerah” yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melalui Bidang Pengendalian Pelaksanaan dan Pengolahan Data dan Informasi Penanaman Modal Kabupaten Belu, di Aula Hotel Nusantara Dua Atambua, Rabu (6/7/2022),

Kegiatan ini dihadiri Kepala DPMPTSP Kabupaten Belu  Januaria Nona Alo, S.IP, dengan melibatkan 40 peserta yang berasal dari 6 kecamatan, terdiri dari para pelaku usaha, baik yang berbentuk Badan maupun perseorangan yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan merupakan wajib membuat LKPM.

Wakil Bupati Belu dalam sambutannya meminta kepada para pelaku usaha agar mampu secara mandiri melakukan pelaporan LKPM Online secara baik dan benar pada system Online Single Submision Berbasis Risiko (OSS-RBA). Hal ini dimaksudkan untuk menilai sekaligus mengevaluasi adakah kesesuaian, keharmonisan, sinkronisasi antara perencanaan, pelaksanaan dan hasil yang diperoleh ataukah ada kesenjangan yang pada akhirnya keseluruhan itu bermuara pada pergerakan ekonomi, baik lokal maupun regional di wilayah Kabupaten Belu.

“Kita punya komitmen, ketika kita sama-sama bekerja. Harapan kita memberi dampak positif terhadap perkembangan pertumbuhan ekonomi di Wilayah Kabupaten Belu,” tandas Wabup.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelaksanaan dan Pengolahan Data dan Informasi Penanaman Modal pada DPMPTSP Kabupaten Belu  Wieke Bria, S.Kom.,M.Si selaku Ketua Panitia Bimtek menyampaikan, maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melatih para pelaku usaha dalam melakukan pelaporan LKPM dalam system Online Single Submission Berbasis Risiko (OSS-RBA).

Sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar pelaku usaha mampu secara mandiri melakukan pelaporan LKPM Online secara baik pada system Online Single Submision Berbasis Risiko (OSS-RBA), untuk selanjutnya akan dilakukan evaluasi guna mengidentifikasi segala kekurangan yang perlu dibenahi pada pelaksanaan kegiatan berikutnya.

Adapun narasumber dalam Bimtek ini, pamateri pertama, Praktisi OSS – RBA – Frederikus M. Luan Laka, ST dengan materi Pengertian, Dasar Hukum, Ketentuan dan Manfaat. Pamateri kedua, Tenaga Pendamping DAK – NF Fasilitas PM – Heryanto Kurniawan Loasana, ST, materi terkait Praktek Pengisian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM Online pada Online Single Submission Berbasis Risiko (OSS-RBA). (Tim Layanan Info Publik Belu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *