News  

Buka Forum Ekspor dan Business Matching dengan Marketing Point Motaain, Wabup ; Belu Punya Komoditi Layak

Buka Forum Ekspor dan Business Matching dengan Marketing Point Motaain, Wabup ; Belu Punya Komoditi Layak
Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM membuka kegiatan Forum Informasi Ekspor dan Business Matching dengan Marketing Point Motaain, di Aula Lantai 3 Kantor PLBN Motaain, Senin (06/02/2023).

TIMORDAILYNEWS.COM – Wakil Bupati Belu, Doktor Aloysius Haleserens membuka kegiatan Forum Informasi Ekspor dan Business Matching dengan Marketing Point Motaain, di Aula Lantai 3 Kantor PLBN Motaain, Senin (06/02/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Ditjen PEN Kementerian Perdagangan RI.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi penting tentang potensi pasar dan peluang ekspor dan hal-hal yang terkait dengan proses ekspor bagi para pelaku bisnis serta mempertemukan para pelaku usaha produk potensial dengan buyer luar negeri.

Wakil Bupati Belu, Doktor Alo Haleserens dalam sambutannya mengatakan, peluang pasar semakin terbuka bagi komoditas potensial. Hal ini didukung dengan sarana prasarana PLBN yang dibangun untuk mengakomodir kebutuhan soal aktivitas perdagangan luar negeri

“Kita pilah dulu mana ranah politik mana ranah bisnis. Sebagai mana telah disebutkan bahwa persoalan visa itu merupakan urusan negara dan itu sudah kita komunikasikan ke Kementerian Luar Negeri, karena salah satu kendala yang kita hadapi,” ungkap Wabup.
Disampaikan Wabup, berbicara soal marketing, produk apa yang kita mau jual baik dari Indonesia maupun Timor Leste.

“Harganya kompetitif atau tidak, bagaimana cara kita promosi dan siapa yang membeli. Saya tantang, kapan forum ini diwujudnyatakan. Kesempatan sudah dibuka, peluang sudah ada, tinggal duduk sama-sama untuk berbicara bisnis yang menguntungkan masyarakat dua negara,” jelasnya.

Menurut Wabup Alo Haleserens, Kemendag RI berupaya terus meningkatkan ekspor yang salah satunya melalui optimalisasi peran perdagangan lintas batas.

“Kalau itu sudah terjadi maka pasti ada pertumbuhan. Ketika ada pertumbuhan maka produk domestik akan naik. Hal inilah yang menggambarkan bahwa daerah itu maju atau tidak,” katanya.

Wabup berharap, produk Indonesia yang datang bisa menyinggahi daerah ini, mengingat disini ada terminal, pelabuhan laut dan udara serta tenaga kerja yang cukup memadai. Mari kita duduk bersama untuk memberikan nilai manfaat bagi masyarakat.

“Kami di Belu mempunyai komoditi yang layak di ekspor ke Timor Leste. Ketua Kadin Belu agar segera mempersiapkan pengusaha dan komoditi yang akan kita bawah ke Timor Leste. Oleh karena itu, dari sisi pemerintah kami terus mendukung dan memberi motivasi sehingga peluang seperti ini terus dilakukan,” ujar Wabup Belu. (prokopimbelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *