News  

Buka Pameran UMKM, Bupati Belu Harap Ekonomi Tumbuh Untuk Kesejahteraan Rakyat

Buka Pameran UMKM, Bupati Belu Harap Ekonomi Tumbuh Untuk Kesejahteraan Rakyat

TIMORDAILYNEWS.COM – Aneka produk 65 pelaku UMKM yang tersebar di Kabupaten Belu, Malaka dan TTU, mendominasi etalase stand yang dijajakan di sepanjang Lapangan SMA Seminari Lalian Nenuk, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Senin (29/08/2022).

Pembukaan pameran yang digelar tahunan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr, Bupati Belu, Wakil Bupati Belu, Bupati TTU dan Asisten 3 Setda Kabupaten Malaka.
Turut hadir dalam acara ini Unsur Forkopimda, Pimpinan Perangkat Daerah, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Ketua TP PKK Kabupaten TTU, dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu, Pimpinan Tarekat Religius dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus Sp.PD-KGEH, FINASIM mengungkapkan apresiasi kepada Uskup, Vikjen dan biarawan dan biarawati di empat dekanat, yang telah mendesain kegiatan pameran ekonomi kreatif di Keuskupan Atambua.

Menurut Bupati Belu, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), menjadi pengarusutamaan strategi pembangunan ke depan, pilihan strategi tersebut diupayakan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Saat ini pendidikan dan kesehatan menjadi modal dasar dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tanpa pendidikan dan kesehatan yang baik, apa yang kita bicara dan yang kita lakukan ini tidak berguna,” katanya.

Mengingat peran UKM sebagai salah satu penopang perekonomian, demikian Bupati Belu menuturkan bahwa, para pelaku UMKM harus bisa menunjukkan kualitas baik dari segi produk maupun sumber daya manusianya.

“Meskipun bisnis UMKM masih terbilang baru dan kecil, tidak ada alasan untuk tidak mengesampingkan kualitas dan peran SDM. Kontribusi SDM yang baik akan berdampak bagi kemampuan bersaing dan keberlangsungan UKM kedepannya,” jelas Bupati Belu.

Bupati Belu juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Belu berkomitmen mengembangkan dengan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah melalui bimbingan dan pendampingan, untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan serta daya saing UMKM.

“Pameran ini berbeda dengan pameran-pameran lain. Disini juga digelar pameran pendidikan, seminar tingkat SMA/SMK, lomba gerak dan lagu, serta lomba membaca kitab suci tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Spirit ini diharapkan dapat membingkai kompetensi moral dan iman untuk menggerakan UMKM ke depan,” tutup Bupati Belu. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *