News  

Bupati Belu Hadiri Ritual Mot Hisik Sadan Duarato, Nai Duarato Ucap Terima Kasih

Bupati Belu Hadiri Ritual Mot Hisik Sadan Duarato, Nai Duarato Ucap Terima Kasih

TIMORDAILYNEWS.COM – Nai Duarato, Yosef Mau Leon mengungkapkan terima kasih kepada Bupati Belu, Anggota DPRD Kabupaten Belu, para Pimpinan OPD, Loro Lamaknen dan Nai se-Dasarai Lamaknen yang hadir dalam Ritual adat Mot Hisik Sadan Duarato.

“Pertama-tama kami atas nama masyarakat kenaian Duarato mengucapkan terima kasih atas kehadiran kita semua dalam acara Ritual Adat Mot Hisik dalam Pemugaran Sadan Duarato,” ucap Nai Duarato di Sadan Taebere Holsa, Jumat (9/12/2022).

Diceritakan kembali oleh Nai Duarato, bahwa pada tahun 1948 kampung adat ini menjadi lautan api. Sehingga oleh masyarakat adat setempat kembali secara bertahap membangun Sadan Duarato yang kita lihat saat ini.

“Oleh karena itu, sesuai tradisi atau budaya yang kita kenal dengan istilah “Lobot Hisik Gujel Pele”, dan bersama tatanan adat yang ada kami sudah melakukan pendinginan kampung adat ini,” ujar Nai Duarato.

Ia menjelaskan, kegiatan awal pembangunan dimulai dengan memohon restu para leluhur yang dimakamkan di Bukit Taebere, juga yang dimakamkan di sadan ini. Kemudian dilaksanakan perdamaian antara 12 suku yang berada di Duarato, dengan 2 suku lainnya di Timor Leste.

“Kami bangun kampung adat ini secara tradisional, pertama adalah Umametan Purbelis dan Umamane Sobawai Oeleu. Setelah itu dilanjutkan dengan membangun Maligatal Lianain sebagai Dato,” jelas Mau Leon.

Ia menambahkan, beberapa tahun lalu ada uluran tangan dari Kemendikbud RI melalui Dirjen Kebudayaan, sehingga bisa dibangun tambah 4 buah rumah adat di Duarato.

“Saat ini sudah ada 7 rumah adat yang dibangun dan sisanya masih dalam perundingan. Kami mohon dukungan dari Pemerintah agar turut ambil bagian di dalam pelestarian dan pembangunan kampung adat ini,” pinta Nai Duarato. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *