News  

Bupati Belu Ingatkan Masyarakat Perhatikan Keabsahan dan Kejelasan Sertifikat Tanah

Bupati Belu Ingatkan Masyarakat Perhatikan Keabsahan dan Kejelasan Sertifikat Tanah

TIMORDAILYNEWS.COM – Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH,FINASIM memimpin sidang panitia Pertimbangan Landreform Kegiatan Redistribusi Tanah Objek Landreform Tahun Anggaran 2022 di Aula Hotel Matahari Atambua, Kamis (15/09/2022).

Bupati Belu mengapresiasi inisiatif Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Belu Ludgardis Blitanagy, S.Sos yang menginisiasi kegiatan sidang pertimbangan redistribusi tanah di wilayah perbatasan RI-RDTL, Kabupaten Belu.

“Permasalahan tanah saat ini sangat menyita perhatian publik, terutama kepastian deristribusi tanah objek landreform. Oleh karena itu, diperlukan ketegasan dalam penerapan aturan sehingga menepis rumor yang muncul terkait pengurusan dokumen tanah,” tandasnya.

Bupati mengingatkan, masyarakat perlu memperhatikan keabsahan sertifikat dan kejelasan tanah dalam membangun.

“Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, seperti penyegelan fasilitas umum dan lainnya,” ungkap Bupati Belu.

Disampaikan pula, sidang ini jangan dianggap hanya kegiatan formalitas, tetapi fokus pada substansi dan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Di Kabupaten Belu ini masih ada kurang lebih 10.000 hektar lahan tidur, baik milik Pemerintah, suku maupun milik perorangan yang belum bersertifikat. Kita harap pihak pertahanan dapat bekerja sama untuk memfasilitasi. Kita juga berterima kasih kepada Kepala Badan Pertanahan yang menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga kita dapat mengetahui dan memahaminya,” tutur Bupati Belu.

Informasi lain yang dihimpun, Pelaksanaan Kegiatan Redistribusi Tanah Tahun Anggaran 2022 di Kabupaten Belu dengan target 1500 bidang sudah dilaksanakan di Kecamatan Raimanuk yakni di Desa Renrua, Desa Mandeu Raimanus dan Desa Faturika. Kecamatan Nanaet Duabesi, yakni di Desa Fohoeka, Desa Nanaet dan Desa Nanaenoe, sedangkan di Kecamatan Raihat yakni di Desa Maumutin. Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Hasil Sidang Pertimbangan Landreform. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *