News  

Bupati Belu Tanam Tabebuya di Pulau Sumba

Bupati Belu Tanam Tabebuya di Pulau Sumba
TIMORDAILYNEWS.COM – Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM menanam pohon kenangan di Desa Hamali Ate, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Anakan pohon kenangan adalah anakan pohon kekhasan yang dibawa masing-masing oleh Wali Kota dan para Bupati dari kabupaten masing-masing.

Bupati Belu menanam pohon kenangan, berupa anakan Tabebuya yang dibawa dari wilayah perbatasan RI -RDTL. Tabebuya adalah tanaman khas yang sedang dibudidaya untuk mendukung Progam “Belu Berbunga” di Kabupaten Belu.

Pohon Tabebuya merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki pesona yang indah dan menarik. Kini dimanfaatkan oleh pemerintah Kabupaten Belu dalam upaya penghijauan dan mempercantik Kota Atambua.

Selain memperindah tata kota, pohon tabebuya juga mampu membersihkan udara dari polutan yang berbahaya. Bentuk tanaman yang dijuluki pohon sakura tropis yang menarik perhatian ini juga menjadi salah satu alasan mengapa pohon ini ditanam di kawasan perkotaan.

Pantauan, Bupati Belu bersama seluruh Bupati dan Walikota hadir dalam Puncak Peringatan HUT Provinsi Nusa Tenggara Timur ke-64 yang dipusatkan di Kabupaten Sumba Barat Daya, Selasa (20/12/2022).

Salah satu rangkaian acara adalah masing-masing kepala daerah melakukan penanaman anakan pohon kenangan yang dibawa dari masing-masing daerah.

Di Pulau Sumba, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi bersama Wali Kota dan para Bupati se-NTT secara simbolis melakukan penanaman sorgum, jagung dan pohon kenangan diatas lahan seluas 2 ha.

Penanaman tanaman sorgum, jagung dan pohon kenangan itu dilakukan usai memimpin apel perayaan hari ulang tahun atau HUT Propinsi NTT ke-64. Selain menanam pohon, juga digelar Rapat Kerja Gubernur bersama para Bupati se Provinsi NTT.

Untuk diketahui, saat ini warga Sumba Barat Daya sudah mempersiapkan 15.000 hektar are lahan tanam jagung. Dari jumlah tersebut 11.000 hektar are telah ditanam jagung. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *