News  

Bupati dan Wabup Belu Serahkan Bantuan Kepada 19 Kelompok Tani

Bupati dan Wabup Belu Serahkan Bantuan Kepada 19 Kelompok Tani

TIMORDAILYNEWS.COM – Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM dan Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM memenuhi janji untuk meningkatkan produktifitas pertanian dan peternakan melalui intervensi benih, pupuk, alsintan dan ternak (Babi dan Kambing) kepada 19 Kelompok Tani yang tersebar di 19 Desa di 9 Kecamatan di Kabupaten Belu.

Bupati Belu mengatakan, momentum hari ini merupakan sebuah peristiwa penting, dimana perjuangan untuk merealisasikan janji dalam memenuhi kebutuhan petani dan peternak di Kabupaten Belu akhirnya terwujud.

“Kita tidak hanya bicara, tetapi kita bekerja keras untuk mewujudkan semuanya, demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Belu,” ungkap Bupati Taolin.

Disamping itu, kata Bupati bahwa janji untuk membebaskan masyarakat Kabupaten Belu dari biaya pengobatan di Rumah Sakit Rujukan seluruh Indonesia sudah diwujudkan Pemerintah.

“Pemerintah mewujudkan semuanya itu hanya untuk kepentingan masyarakat, baik yang bersumber dari pembiayaan APBN, APBD 2 dan sumber pembiayaan lainnya,” ujar Bupati Belu.

Disampaikan pula, seluruh pembiayaan terhadap geliat pembangunan di Kabupaten Belu, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab Pemerintah.
“Seperti halnya pengobatan gratis, ikuti saja mekanisme dan prosedur. Masyarakat tidak perlu memikirkan hal itu, karena pemerintah sudah menyediakan segalanya untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat,” terang Bupati.
Selain itu, kata Bupati Taolin bahwa pemerintah berjuang untuk menaikkan standar ini, supaya masyarakat Kabupaten Belu bisa mendapatkan kualitas pelayanan yang terbaik,” katanya.

Disamping itu, perjuangan untuk memenuhi ketersediaan air bersih ketengah-tengah masyarakat terus dipacu, sehingga dari 30,20 persen di tahun 2021, progresnya naik menjadi 31,96 ditahun 2022.
Bupati Belu menuturkan, agar luas lahan tanam perlu dioptimalkan demi meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Optimalisasi lahan tersebut, nantinya kita monitoring melalui camat dan desa. Jadi kita memberdayakan petani lewat pembiayaan ekosistem pertanian,” ucap Bupati Belu.

Melalui bantuan sarana prasarana pertanian dan peternakan yang ada, kita harap akan berdampak pada peningkatan produksi tanaman pangan demi menjaga kedaulatan pangan di wilayah perbatasan RI-RDTL, Kabupaten Belu.

“Terima kasih kepada Menteri Pertanian dan seluruh jajarannya serta semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah untuk mewujudkan pertanian sehat, peternakan sehat, ekonomi sehat serta jiwa dan raga yang sehat,” tukas Bupati.
Turut hadir dan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Poktan Penerima Manfaat, yakni Anggota DPRD Kabupaten Belu, Unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu, Staf Khusus Bupati Belu, Camat, Kepala Desa dan Lurah. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *