Belu, News  

Bupati dan Wabup Pimpin Rapat Gugus Tugas Covid-19, Belu Masih 6 Kasus Terkonfirmasi

Bupati dan Wabup Pimpin Rapat Gugus Tugas Covid-19, Belu Masih 6 Kasus Terkonfirmasi
Kadis Kominfo Belu, Johanes Andes Prihatin, Kepala BPBD Belu, Balthasar Bouk dan Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe saat mengikuti rapat koordinasi Satgas Covid 19 yang dipimpin Bupati dn Wabup Belu di Ruang Rapat Bupati Belu, Rabu (28/4/2021). foto by Kominfo Belu

TIMORDAILYNEWS.COM, ATAMBUA – Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin didampingi Wakil Bupati Belu, Aloysius Haleserens memimpin Rapat Koordinasi Gugus Tugas Covid-19, berlangsung di Ruang Rapat Bupati Belu, Rabu (28/4/2021).

Rapat Koordinasi Gugus Tugas Covid -19 tersebut dihadiri Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe, salah satu Asisten Sekda Belu, Alfredo Pires Amaral, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Theresia M.B. Saik, Kepala BPBD Kabupaten Belu, Baltasar Bouk, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin serta sejumlah pimpinan OPD terkait lainnya.

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin menjelaskan maksud dan tujuan dari tugas Gugus Covid -19 ini merupakan salah satu tugas utama yakni untuk mengkoordinasikan antar lembaga dalam upaya mencegah dan menanggulangi dampak penyakit covid -19 serta memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Belu.

Bupati Belu juga mengajak kepada semua pimpinan OPD dan masyarakat dengan tetap mewajibkan masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah maupun dalam mengatasi Covid-19.

Sementara itu, terkait revisi SK Gugus Tugas Covid -19 akan dilakukan peninjauan ulang tentang tugas dan fungsinya masing -masing.

Perubahan data yang diperoleh harus benar – benar up to date dan diharapkan kepada para petugas medis harus lebih responsif dan cepat dalam menangani kasus Covid – 19.

Diperhatikan juga penggunaan peralatan APD dengan benar dan harus sesuai dengan standar penanganan Covid -19.

Bupati dan Wabup Pimpin Rapat Gugus Tugas Covid-19, Belu Masih 6 Kasus Terkonfirmasi
Peserta rapat koordinasi Satgas Covid 19 yang dipimpin Bupati dn Wabup Belu di Ruang Rapat Bupati Belu, Rabu (28/4/2021). foto by Kominfo Belu

Ditambahkan Bupati Belu, bagi pelintas batas negara wajib menggunakan rapid test antigen.

Dan untuk hal -hal teknis yang sudah dilakukan sampai hari ini, masih banyak kendala yang masih kita hadapi dalam hal anggaran keuangan, data maupun pelaporannya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi aplikasi Covid Tracker untuk memonitor secara real time dan aktual oleh Tim IT dari Surabaya. (kominfobelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

DATA COVID-19

Rilis Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu
Update data monitoring dari wilayah kerja 17 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan Kabupaten Belu hingga Rabu, 28 April 2021 Pukul 15:00 WITA

1. PELAKU PERJALANAN
Total : 3.796
Selesai : 3.765
Dalam Pemantauan : 31

2. SUSPEK
Total : 88
Selesai : 88
Dalam Pemantauan : Nihil

3. KONTAK ERAT
Total : 574
Selesai : 499
Dalam Pemantauan : 75 orang
Kecamatan Tasifeto Timur 4 orang
Kecamatan Kakuluk Mesak 13 orang
Kecamatan Kota Atambua 17 orang
Kecamatan Atambua Barat 26 orang
Kecamatan Atambua Selatan 12 orang
Kecamatan Tasifeto Barat 3 orang

4. TERKONFIRMASI
Total : 248 Kasus
Sembuh : 229 Kasus (tambahan 3 kasus sembuh, 1 kasus di Kecamatan Atambua Selatan, 2 kasus di Kecamatan Atambua Barat)
Meninggal : 13 Kasus
Saat Ini : 6 Kasus
Kecamatan Kota Atambua 1 orang
Kecamatan Atambua Barat 3 Orang
Kecamatan Tasifeto Barat 2 orang

5. PROBABLE
Total : 10 Kasus

Sampai dengan hari ini Total Rapid Antigen dengan hasil Positif sebanyak 492, sedangkan total SWAB 869 dengan hasil 633 negatif, 248 positif (236 SWAB PCR, 12 Rapid Antigen). Saat ini Pasien yang dirawat di ruang Isolasi RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD sebanyak 1 pasien, dan di ruang Isolasi RS Sito Husada sebanyak 2 pasien.

Pemerintah Kabupaten Belu terus menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada dengan terus menjalankan pola hidup sehat, menjaga jarak fisik dalam beraktivitas.

menghindari kerumunan dan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/menggunakan Hand Sanitizer dan wajib menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah serta menjaga imun tubuh.

Bagi warga Kabupaten Belu yang baru pulang dari luar daerah terutama daerah Zona Merah agar melaporkan diri ke Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu atau melalui call center 081238654568 yang aktif 24 jam untuk selanjutnya mengikuti arahan petugas termasuk mengisolasi diri. Lindungi diri, lindungi sesama. (kominfobelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *