Covid-19 Meluas, Kapolres Alor Perkuat Kampung Tangguh

Covid-19 Meluas, Kapolres Alor Perkuat Kampung Tangguh
Kapolres Alor

TIMORDAILYNEWS.COM, ALOR – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Alor, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agustinus Christmas, SIK minta semua pihak di Kabupaten Alor untuk bersinergis untuk memperkuat Kampung Tangguh guna melakukan pencegahan secara serentak pandemi covid-19.

Pasalnya, penularan virus covid-19 di Kabupaten Alor telah meluas, dan khusus di wilayah Kecamatan Teluk Mutiara sebagian kelurahan dan desa tercatat ada yang terkonfirmasi positif covid-19.

“Kampung tangguh konsepnya meningkatkan sinergitas semua elemen hingga tingkat RT (Rukun Tetangga). Kita harapkan mulai dari RT ditingkatkan kedisplinan masyarakat untuk prokes (protokol kesehatan). Data yang ada, kasus terkonfirmasi atau positif covid-19 di Kabupaten Alor terus meningkat, dan khususnya di Kecamatan Teluk Mutiara sebagian wilayah kelurahan ada yang terkonfirmasi positif covid-19,” ungkap Christmas kepada Wartawan di Mapolres Alor, pada Jumat (5/2/2021).

Christmas mengatakan, semua pihak hingga ke tingkat RT harus bekerjasama atau dengan inisiatif yang ada melakukan pencegahan covid-19, dengan cukup meningkatkan kedisplinan diri. Hal ini patut dilakukan, karena tenaga kesehatan terbatas, demikian pula TNI/Polri, dan Pemerintah.

Menurut Christmas, di asrama polisi yang juga merupakan bagian dari wilayah pemerintahan menterjemahkan kampung tangguh dengan meningkatkan kedisplinan prokes mulai dari sesama anggota keluarga dan tetangga.

“Setiap Kepala Keluarga di Asrama dikasih blangko teguran. Jika ada yang melanggar prokes, misalkan tidak menggunakan masker langsung diberikan teguran dengan mengisi identitas pelanggar pada blanko tersebut, kemudian diberikan kepada Ketua RT untuk penindakkan,” jelas Christmas.

Christmas mengatakan, aturan prokes diwilayah asrama diberlakukan dengan ketat, bagi warga yang keluar ke pekarangan rumahnya saja harus menggunakan masker, dan bagi tamu yang datang tidak menggunakan masker tidak dilayani.

“Hal-hal seperti ini yang harus kita lakukan. Saya sudah sampaikan kepada Camat Teluk Mutiara untuk memperkuat kampung tangguh guna pencegahan covid-19, terutama di Kelurahan Kalabahi Kota karena sebagai pusat kesehatan masyarakat, ada rumah sakit penangganan covid-19, dan ada rumah karantina covid-19,” tandas Christmas.

Berkaitan dengan program Kampung Tangguh ini, Pantauan Timordaily.com dalam beberapa hari terakhir ini Kapolres Christmas dan Camat Teluk Mutiara, Ridwan Nampira mendatangi sejumlah wilayah RT untuk memberikan motivasi sekaligus melihat secara langsung upaya pencegahan covid-19.

Aparat TNI/Polri secara rutin melakukan operasi Yustisi untuk meningkatkan prokes. Demikian pula Camat Teluk Mutiara Ridwan Nampira yang didukung oleh TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja melakukan operasi di jalanan umum terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker. (osm/TIMOR  DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *