Belu, News  

Cuitan Medsos Berujung di Polisi, Kadis Kominfo Belu Minta Masyarakat Bijak Bermedsos

Yap Prihatin Dilantik Bupati Agus Taolin Jadi Sekda Belu Pagi ini
Johanes Prihatin

TIMORDAILYNEWS.COM – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si minta masyarakat Kabupaten Belu untuk bijak dalam menggunakan atau bermedia sosial (medsos).

Gunakan medsos untuk hal-hal produktif, menjadi solusi untuk mempermudah komunikasi di era digitalisasi dan menjadi jembatan silahturahmi di era pandemi ini.

“Bijaklah dalam menggunakan medsos. Gunakan untuk hal-hal produktif dan solutif untuk mempermudah komunikasi di era digitalisasi saat ini dan jembatan silahturahmi di masa pandemi saat ini,” demikian ungkapan Prihatin yang dirilis Timordailynews.com, Sabtu (5/6/2021). Prihatin mengungkapkan hal ini dalam menanggapi fenomena adanya laporan di Polisi karena ciutan di medsos.

Prihatin mengatakan, medsos dan teknologi informatika sudah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat dewasa ini. Di era digitalisasi saat ini, perkembangan tekhnologi informatika termasuk medsos harus diposisikan sebagai alat bantu untuk mempermudah kehidupan masyarakat, dan bukan malah menjerumuskan masyarakat kedalam hal-hal yang kontraproduktif dan melanggar hukum.

Menurut Prihatin, Pemerintah tak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat agar selalu bijak menggunakan medsos.

“UU (Undang-undang) yang mengaturnya, UU No.11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berkaitan dengan bijak dalam mengunakan medsos. Bijak disini berarti sebelum menuliskan, membagikan, atau merespon sesuatu melalui medsos, harus bertanya kepada diri-sendiri (introspeksi) apakah konten tersebut tidak membuat orang tersinggung, konten tersebut bukan berita bohong atau hoax, atau berita yang dapat menimbulkan permusuhan atau mengandung unsur pornografi dan perjuadian,” ungkap Prihatin yang juga menjabat sebagai Plt. Asisten Administrasi dan Kesra Pemkab Belu ini.

Intinya, tegas Prihatin, kalau tidak ada manfaat positif bagi sesama, tidak usahlah menuliskan sesuatu atau membagikan sesuatu melalui medsos.

Diminta tanggapan mengenai laporan dari Lidvina Bere, SE, MM (Kasubag Keuangan dan Aset SatPol PP Kabupaten Belu) terhadap akun facebook Frans Asten, untk hal tersebut Prihatin enggan berkomentar. Namun Prihatin menandaskan, bahwa semua warga negara yang merasa dirugikan terkait suatu unggahan di medsos bisa saja mengambil sikap hukum.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *