Daftar Nama 4 Pejabat Pemprov NTT yang Dilantik Jadi Penjabat Bupati di Besipae

Daftar Nama 4 Pejabat yang Dilantik Jadi Penjabat Bupati di Besipae
Empat pejabat Pemprov NTT yang dilantik jadi penjabat bupati, Sabtu (27/3/2021).

TIMORDAILYNEWS.COM, KUPANG – Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat melantik empat pejabat Provinsi NTT sebagai penjabat bupati (pj) untuk empat kabupaten.

Pelantikan ini dilakukan di Besipae, Kabupaten Timor Tengah Selatan pada Sabtu (27/3/2021) pagi.

Penjabat bupati yang dilantik ini akan menjabat di daerah-daerah penyelenggara Pilkada 2020 lalu yang saat ini bupati dan wakil bupati terpilih belum dilantik.

Adapun empat pejabat Pemprov NTT yang dilantik antara lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,Viktorius Manek sebagai Pj Bupati Malaka,

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Provinsi NTT, Zakarias Moruk sebagai pj Bupati Belu,

Kepala Biro Tatapem Setda NTT, Doris A. Rihi sebagai Penjabat Bupati Sabu Raijua dan

Asisten 1 Sekda NTT, KosmasĀ  D. Lana sebagai Pj. Bupati Sumba Barat.

Daftar Nama 4 Pejabat yang Dilantik Jadi Penjabat Bupati di Besipae
Zakarias Moruk dan Viktor Manek saat diangkat sumpah dan dilantik sebagai Penjabat Bupati Belu dan Malaka di Besipae, Sabtu (27/3/2021) pagi. Foto by Seldy Berek/TIMORDAILYNEWS.COM

Gubernur NTT Viktor Laiskodat dalam sambutannya berpesan untuk para penjabat tidak boleh ada yang namanya kampanye, baik pemerintahan maupun masyarakat.

“Kalau gubernurnya bagus, tetapi bupatinya namkak yahh sama saja,” tegasnya.

Dia meminta para pejabat yang baru dilantik untuk selalu bergerak cepat menyelesaikan persoalan yang terjadi di daerah dan di masyarakat.

“Seluruh masalah harus diselesaikan dengan cepat. Pemerintah harus peduli dan bekerja, Demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

“Penjabat harus memberikan kontribusi dalam pembangunan dan kesejahteraan, tidak boleh namkak,” tambah Gubernur Laiskodat.

Untuk diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Malaka yang terpilih hasil Pilkada Malaka 2020 adalah pasangan Dr. Simon Nahak dan Kim Taolin yang mengalahkan pasangan petahana Stef Bria Seran dan Wande Taolin. Meski sempat digugat ke MK tapi ditolak seluruhnya.

Selanjutnya, Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih adalah dr. Agus Taolin dan Alo Haleserens yang mengalahkan paket petahanan, Willy Lay dan Ose Luan. Sempat digugat ke MK tapi nasibnya sama seperti gugatan petahana Malaka. Ditolak oleh MK.

Berikutnya, Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua terpilih adalah Orient Riwo Kore dan Thobias Uly. Pasangan ini juga mengalahkan petahana. Namun belum bisa dilantik karena tersangkut polemik kewarganegaraan Orient.

Terakhir, Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat terpilih adalah Yohanes Dade dan John Lado Bora Kabba. Pilkada Sumba Barat juga berakhir di MK sama seperti Malaka dan Belu.

Saat ini MK sudah memutuskan perkara Pilkada, lalu KPU setempat sudah melakukan pleno penetapan calon terpilih dan diserahkan ke DPRD masing-masing daerah untuk diproses usulan pelantikan ke Mendagri melalui Gubenur NTT. (via/r-3/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Editor : Marselino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *