News  

Data Pasien Reaktif Meninggal Di Alor Meningkat

Data Pasien Reaktif Meninggal Di Alor Meningkat

Data perkembangan covid-19 Kabupaten Alor terbaru

TIMORDAILY.COM, ALOR- Data probable atau pasien reaktif hasil rapid test di Kabupaten Alor yang meninggal mengalami peningkatan.
Data Satuan Tugas (Satgas) Penangganan Covid-19 Kabupaten Alor tertanggal 9 Januari 2021 tercatat 5 orang meninggal untuk probable dan untuk data terakhir yang dikeluarkan tanggal 19 Januari 2021 bertambah 4 orang meninggal.
Dengan demikian total data probable di Kabupaten Alor yang meninggal sebanyak 9 orang.

Kasus meningkatnya pasien reaktif rapid test yang meninggal ini sebelumnya sempat disinggung Wakil Ketua III Satgas Penangganan Covid-19 Kabupaten Alor, Soni O. Alelang ketika di wawancara Wartawan di Kalabahi, pada Jumat 15 Januari 2021 tentang penangganan Covid-19 di Kabupaten Alor.

Soni membenarkan adanya peningkatan kasus orang yang reaktif meninggal dunia dalam dua pekan terakhir ini.
Menurut Soni, orang atau pasien kategori ini ketika masuk rumah sakit memang ada sakit bawaan, kemudian hasil rapid test dinyatakan reaktif.

“Mereka yang reaktif ini ketika meninggal dunia, maka pemerintah mengurusnya dengan standart prokes (protokol kesehatan). Mulai dari rumah sakit hingga proses pemakamannya,” ungkap Soni.
Soni mengatakan, mereka yang reaktif kemudian meninggal ini semestinya untuk pemakamannya di lokasi yang telah disiapkan, namun oleh keluarga selalu minta untuk mereka dimakamkan di pekuburan keluarga.

“Kalau keluarga minta kita lihat lokasinya dulu. Jika dimakamkan di pemakaman keluarga, maka kita toleransi,” tandas Soni.
Kendati demikian, Soni menambahkan, pemerintah saat ini telah menyiapkan lokasi pemakaman, sehingga yang meninggal akibat covid-19 tidak ada pemakaman keluarga, maka langsung dimakamkan di TPU yang disiapkan.

Berkaitan dengan data perkembangan pasien reaktif rapid test (probable) di Kabupaten Alor hingga tanggal 19 Januari 2021 yang dikeluarkan Posko Satgas Penangganan Covid-19 Kabupaten Alor, yakni total 14 orang, terdiri dari 2 dalam perawatan, 2 dalam pemantauan, 9 meninggal, dan 1 selesai pemantauan.

Sedangkan untuk kasus terkonfirmasi atau positif covid-19 di Kabupaten Alor berdasarkan data posko penangganan covid-19 hingga tanggal 19 Januari 2021, yakni sebanyak 48 terkonfirmasi, 27 isolasi mandiri, 8 karantina, 12 sembuh, dan 1 meninggal.

Sementara itu informasi lain tentang penangganan covid-19 di Kabupaten Alor yang dihimpun Wartawan Satgas Covid-19 pada Senin (18/1/2021) kembali mengirimkan sebanyak 88 sampel swab.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM).

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *