De Porres Ajak Masyarakat Saling Mendukung Dalam Membangun ABAL

De Porres Ajak Masyarakat Saling Mendukung Dalam Membangun ABAL

TIMORDAILY.COM, ALOR- Camat Alor Barat Laut (ABAL) yang baru, Martin De Porres Djeo, S.IP mengajak masyarakat diwilayah kecamatan tersebut untuk bersama-sama saling mendukung dalam kegiatan pembangunan.

Pasalnya dengan kerjasama yang baik, seberat apapun pekerjaan yang ada akan tuntas atau berhasil.

“Saya ajak semua masyarakat mari kita membangun wilayah ini dengan bersama-sama, dengan kerjasama tentu akan berhasil. Namun kalau kita kerja sendiri atau kelompok tertentu saja, maka tidak bisa berhasil,” demikian sambutan De Porres dalam kegiatan serahterima jabatan (Sertijab) dari Camat lama, Debrina Lelang kepada De Porres yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan ABAL) di Kokar, pada Rabu (6/1/2021).

Sertijab disaksikan langsung Asisten I Setda Alor, Fredik Lahal. De Porres saat itu didampingi istri Lin Odja, dan keluarga, demikian juga Debrina didampingi suami Yefta Amung dan keluarga.

De Porres mengatakan, dirinya menyadari banyak masyarakat di wilayah tersebut belum mengenal dirinya, namun sesungguhnya diri dan keluarganya menganggap wilayah ABAL bukan tempat baru.

Pasalnya, dirinya bersama istrinya Lin Odja telah melakukan pelayanan di tempat tersebut sejak tahun 2009.

Salah satu bukti dari pelayanan tersebut, sebut De Porres, atas permintaan para orang tua, maka dibangunlah sebuah SMA di wilayah ini.

“Ketika saya ditunjuk menjadi Camat ABAL, maka saya menganggap pulang ke rumah sendiri. Karena bukan pelayanan saja kami hadir di sini, tetapi istri saya merupakan bagian dari anggota keluarga dari suku di desa Alor Kecil dan Harilolong,” ungkap De Porres.

Oleh karena itu, De Porres minta kepada masyarakat dan leluhur untuk memberikan dukungan, bimbingan dan doa kepadanya agar berbagai kegiatan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan dapat berhasil.

De Porres menandaskan, secara sepintas dirinya melihat untuk membangun ABAL ini gampang-gampang sulit, apalagi banyak yang telah diperbuat oleh pendahulunya, sehingga untuk mempertahankan keberhasilan yang ada bukan sebuah perkara muda.

Namun apabila didukung dengan kerjasama yang baik semua pihak, maka optimis berbagai kegiatan akan berhasil.

“Sumber Daya Manusia wilayah ini sangat luar biasa, demikian juga sumber daya alamnya dari dasar laut sampai puncak gunung sangat kaya hasilnya. Namun masih ada potensi yang dibiarkan tidur. Untuk itu saya ajak kita sama-sama membangunkannya,” ujar De Porres.

Diakhir sambutannya De Porres mengingatkan kepada masyarakat agar jangan melihat pandemi covid-19 saat ini sebagai hambatan, tetapi masyarakat diminta untuk tetap semangat dalam melaksanakan usaha dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara itu Camat sebelumnya, Debrina Lelang minta kepada semua pihak di kecamatan tersebut untuk memberikan dukungan penuh kepada Camat baru dalam mengemban tugasnya.

Debrina ketika itu mohon maaf kepada semua pihak di kecamatan tersebut, karena selama dirinya melaksanakan tugas sebagai Camat ABAL selama 2,4 tahun mungkin ada hal-hal yang menyinggung perasaan masyarakat.

“Saya terkadang terlalu keras atau kasar apabila ada masalah. Namun itu untuk kebaikan kita bersama. Untuk itu saya mohon maaf, dan izinkanlah saya sebagai ASN untuk melaksanakan tugas di tempat lain lagi,” tandas Debrina yang belum lama ini dilantik Bupati Alor menjadi Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Alor.

Berkaitan dengan sertijab tersebut, Asisten I Setda Alor, Fredik Lahal dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Camat lama dan menyampaikan selamat kepada Camat baru yang segera melaksanakan tugasnya.

Menurut Lahal, Camat yang baru memang terkesan orang yang tidak banyak bicara dan sederhana, namun memiliki sikap ketegasan serta memiliki jiwa dan ilmu kepemimpinan yang tinggi, sebab Ia adalah seorang Pamong Praja yang berasal dari sekolah pemerintahan.

“Saya minta Kepala Desa untuk mendukung Camat yang baru. Apa yang sudah diletakkan Ibu Debrina dapat dilanjutkan dan ditingkatkan,” pinta Lahal.

Lahal ketika itu juga berpesan, agar Camat dalam menjalankan tugas harus selalu bersama masyarakat, apalagi dalam kondisi pandemi covid-19 seperti ini.

Untuk diketahui, Camat De Porres bersama keluarga ketika menuju ke lokasi sertijab di Kantor Kecamatan ABAL, diarak atau diantar oleh keluarga besarnya dari Desa Alor Kecil diwilayah Kecamatan tersebut. (osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILY.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *