Desa Model Umatoos Dapat Pujian Ketua TP PKK Provinsi NTT

Desa Model Umatoos Dapat Pujian Ketua TP PKK Provinsi NTT

TIMORDAILYNEWS.COM, MALAKA –┬áKetua Dekranasda/TP PKK Ny. Julie Sutrisno Laiskodat mengapresiasi gebrakan yang telah dilakukan oleh Desa model Umatoos, Kecamatan Malaka Barat yang merupakan salah satu desa model binaan TP PKK Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kalau ingin melakukan sesuatu di desa model 2 terlebih dahulu harus melihat perkembangan yang ada pada desa model 1.

“Puji Tuhan desa model 1 di tempat ini saya harus berkata sangat luar biasa,”ujar Ny. Julie Laiskodat saat melakukan kunjungan kerja ke Desa model Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Jumat (28/5/2021).

Dikatakannya, di Desa model Umatoos semua program kerja dapat dilaksanakan dengan baik dan disertai dengan laporan yang lengkap sehingga hal seperti ini harus terus mendapat dukungan penuh dan harus diperhatikan kedepannya.

“Doakan terus biar saya bisa melakukan pada setiap tahunnya di desa model yang baru. Tetapi saya tidak akan meninggalkan desa model yang lama, dan saya akan tetap memperhatikan yang sudah ada,” ungkap Ny. Julie Laiskodat.

Dalam arahannya di hadapan masyarakat Desa Umatoos, dirinya berkomitmen untuk selalu mengganggarkan dana sampai dengan masa akhir jabatannya di tahun 2023.

“Yang penting laporannya jelas dan lengkap, serta programnya harus selalu di cek oleh ibu ketua Tp PKK Kabupaten Malaka bersama wakil untuk memastikan semua program dapat berjalan dengan baik,” kata Anggota DPR RI Fraksi NasDem tersebut.

Julie Laiskodat juga mengajak masyarakat Desa model Umatoos untuk selalu hidup sehat sesuai intervensi program yang telah diberikan berupa pemberian makanan tambahan untuk siswa, ibu hamil dan menyusui.

Selain itu dirinya mengajak masyarakat untuk hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarang namun harus membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

“Saya meminta kepada seluruh warga untuk selalu hidup bersih dan hidup sehat, seturut program kegiatan yang diberikan kepada Umatoos sebagai binaan TP PKK Provinsi NTT,” pintanya.

Ny. Julie Laiskodat menegaskan pentingnya Tim Penggerak PKK yang ada di Desa dalam membantu proses pembangunan dari segala aspek.

Dalam kaitan dengan kegiatan usaha kecil masyarakat seperti tenun, anggota DPR RI itu menegaskan, jikalau menjadi penenun itu harus punya sifat pengusaha.

“Saya akan memfasilitasi kebutuhan bahan baku dalam kegiatan tenun serta bertanggungjawab sampai pada pemasaran produk, sehingga apa yang dikerjakan masyarakat bernilai untuk kebutuhan hidupnya,” jelas wanita yang selalu memakai tenunan NTT ini sambil menambahkan, menenun harus dijadikan profesi agar kita mampu memenuhi permintaan pasar.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Malaka Ny. Maria Nahak mengajak warga Malaka khususnya warga Desa Model Umatoos untuk berperan aktif dalam mengurangi angka kurang Gizi dan Stunting.

“Kita NTT masih juara satu untuk dua hal itu, padahal Sumber Daya Alam kita sangat potensial dan mampu untuk memberikan kehidupan yang lebih baik,” ungkapnya.

Istri Bupati Malaka ini menyampaikan, hal mendasar yang menjadi salah satu tingginya angka stunting dan kurang gizi di Malaka adalah karena kesalahan pada Pola Asuh orang tua

“Hal ini tentunya menjadi perhatian bersama bagi kita semua. Saya akan mengupayakan agar masyarakat Malaka bisa mendapatkan pendidikan pola asuh yang tepat sehingga kita mampu menekan angka gizi buruk dan stunting,” ujarnya lagi.

Di samping itu, mental juga menjadi satu hal mendasar karena masih banyak yang berpikir bekerja saat ada program bantuan. Oleh karenanya, pola pikir seperti ini harus diubah bahkan dihilangkan.

Ketua TP PKK Provinsi NTT Ny. Julie Sutrisno Laiskodat saat melakukan kunjungan kerja di Desa model Umatoos didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Malaka Ny. Maria Nahak, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Malaka Ny. Cicilia Bere Buti, serta para staf ahli Bupati Malaka, para asisten Setda Malaka, pimpinan organisasi perangkat daerah serta para camat se Kabupaten Malaka. (ons/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *