News  

Dinas PUPR Gandeng PT Konindo Konsultas Bahas Dokumen RP3KP

Dinas PUPR Gandeng PT Konindo Konsultas Bahas Dokumen RP3KP

TIMORDAILYNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Belu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kabupaten Belu bekerja sama dengan PT. Konindo Panorama Konsultan (Engineering Colsultant), melakukan Seminar Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman ( RP3KP ) Kabupaten Belu, di Aula BP4D Kabupaten Belu, (Jumat, 01/07/2022).

Acara seminar ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Belu, Gerardus Mbulu, SE.

Asisten Administrasi Pembangunan, menjelaskan Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman merupakan kegiatan yang bersifat multi sektor dan berkaitan erat dengan kesejahteraan masyarakat.

“Undang-Undang Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman menyatakan bahwa negara bertanggung jawab melindungi seluruh rakyat Indonesia melalui penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman, sehingga masyarakat dapat bertempat tinggal secara layak di lingkungan yang aman, sehat, harmonis dan berkelanjutan,” ungkap Gerardus Mbulu.

Agar penyelenggaraan Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman berjalan dengan baik, maka Kementerian PUPR mengeluarkan Permen Nomor 12 tahun 2014.

“Permen ini memuat tentang Pedoman penyusunan Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman,” ujar Gerardus.

Dijelaskan Mbulu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan acuan Operasional Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Kabupaten Belu,

“Memberikan arah pembangunan dan pengembangan di sektor perumahan dan kawasan permukiman yang terintegrasi antar sektor implementatif serta meningkatkan kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di Kabupaten Belu,” tandas Gerardus.

Output dari Dokumen Rencana RP3KP ini berupa Laporan Pendahuluan, Laporan Antara, Buku Profil, Laporan Akhir, Album Peta dan Draf Rancangan PERDA. Peserta dalam seminar adalah Camat se-Kabupaten Belu dan Pejabat struktural dari OPD-OPD teknis terkait. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *