News  

DPRD Belu Dukung Pemerintah Berdayakan Masyarakat Pesisir, Bupati Harap Nelayan Sejahtera

DPRD Belu Dukung Pemerintah Berdayakan Masyarakat Pesisir

TIMORDAILYNEWS.COM – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Belu, Elvis Domingos Pedroso mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Belu yang terus berupaya memberdayakan masyarakat kawasan pesisir di Kecamatan Kakuluk Mesak dan Tasifeto Timur.

Hal itu disampaikan Elvis, saat Penyerahan Bantuan Sarana Prasarana Perikanan Tangkap kepada 20 Kelompok Nelayan di TPI Atapupu Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Senin (21/11/2022).

“Tentunya kita semua sudah tahu bahwa pemerintah mendukung semua kebutuhan rakyat khususnya masyarakat pesisir yang ada di Kabupaten Belu lebih khusus masyarakat Kakuluk Mesak dan Tasifeto Timor,” katanya.

Elvis mengungkapkan, bantuan tersebut terealisasi atas perjuangan Pemerintah dan DPRD Belu sebagai mitra Dinas Perikanan Kabupaten Belu selama kurun waktu 2021-2022.

“Tahun lalu ada 8 kelompok yang juga memperoleh bantuan seperti ini. Bantuan ini tidak datang dengan sendirinya. Bantuan ini datang atas permintaan dan verifikasi dari dinas terkait sehingga hari ini bapa mama bisa terima bantuan ini,” tandasnya.

Elvis menambah, jangan hari ini ada kegiatan, baru kita buat proposal dan prosesnya tidak seperti itu. Istilahnya T-1, masukkan proposal, kemudian diverifikasi dan tahun berikutnya baru bapa mama dapat.

“Sehingga ada yang protes, kenapa kami sudah kasih masuk bulan maret lalu, tetapi kami tidak dapat, dan kelompok yang ada ini sudah mengajukan proposal di tahun 2021 dan baru terjawab di tahun 2022 ini,” jelasnya.

Sebagai mitra kerja pemerintah, Elvis mengharapkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Belu, serta Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua agar kedepannya dapat meningkatkan anggaran, sehingga bisa mencapai 30-40 kelompok nelayan.

“Hal ini untuk menjawab keluarga baru yang saat ini sedang bergabung dengan keluarga lain, sehingga mereka bisa mandiri untuk mendapatkan hasil yang lebih baik,” tutur Pedroso.

Ia menilai, motor tempel bantuan saat ini sudah sesuai kebutuhan para nelayan, mengingat jangkauan motor ketinting 9 PK sulit menjangkau perairan yang lebih luas.

“Sedangkan untuk menangkap ikan terbang saja, nelayan kita harus sampai di perairan Alor dan mesin yang pas adalah 15 PK. Semoga ke depan para nelayan bisa mendapatkan bantuan mesin 40 PK,” pinta Elvis.

Dia berharap bantuan kepada para nelayan dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan nelayan semakin produktif.

“Kami akan terus bekerja sama dan mendukung pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di daerah pesisir,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu bersama Kepala Bank NTT Cabang Atambua juga menyerahkan bantuan Kredit Merdeka kepada 6 orang perwakilan kelompok dengan jumlah bantuan senilai 30 juta rupiah, dan kelompok Lafahin kepada 2 orang dengan total 10 juta rupiah, serta bantuan Kredit Mikro UPL kepada kelompok tani Kun Bot Indah, dan Petani budidaya kacang tanah senilai 65 juta rupiah.

Bupati Belu, dokter Agus Taolin dalam kesempatan tersebut mengemukakan bantuan yang diserahkan ini tidak lain untuk memperhatikan masyarakat nelayan, yang merupakan salah satu profesi masyarakat di Pantai Utara Atapupu.

Dia berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan digunakan semaksimal mungkin, guna meningkatkan taraf hidup atau perekonomian masyarakat nelayan.

“Yang paling penting dengan bantuan ini, kesejahteraan masyarakat kita khususnya nelayan bisa lebih baik lagi,” tandasnya.

Dijelaskan bahwa program kemaritiman yang dicanangkan Presiden Jokowi, karena potensi bidang kelautan tersebut sangat tinggi, sebab wilayah Indonesia dikelilingi lautan. Sehingga masyarakat pesisir andalannya adalah sektor kelautan

“Presiden Jokowi dan Gubernur NTT sangat serius dan fokus memberi perhatian kepada program yang berkaitan dengan kemaritiman di wilayah perbatasan RI-RDTL. Perhatian ini harus disikapi dengan kerja keras untuk melayani masyarakat dipesisir dalam meningkatkan kualitas perikanan tangkap di daerah ini,” jelasnya.

Menurut Bupati Taoliin, bantuan tersebut diperuntukkan untuk nelayan yang berada di Desa Fatuketi, Dualaus, Jenilu, Leosama, Kenebibi dan Silawan yang tersebar di Kecamatan Kakululuk Mesak dan Tasifeto Timur. (TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *