Belu, News  

Dubes ASEAN untuk Timor Leste Kunjungi Belu Disambut Bupati Dokter Agus Taolin Lihat Proses Pembuatan Tenun

Dubes ASEAN untuk Timor Leste Kunjungi Belu Disambut Bupati Dokter Agus Taolin Lihat Proses Pembuatan Tenun
Dubes ASEAN untuk Timor Leste Kunjungi Belu Disambut Bupati Dokter Agus Taolin Lihat Proses Pembuatan Tenun

TIMORDAILYNEWS.COM – Duta Besar Negara ASEAN untuk Negara Republik Demokratic Timor Leste (RDTL) mengunjungi Kabupaten Belu.

Bersama rombongannya, mereka diterima Bupati Belu dr. Agus Taolin dan Ketua Dekranasda Kabupaten Belu Dra. Freny Sumantri Taolin di Galeri Tenun Atambua, Minggu (07/06/2024).

Kedatangan kelima Duta Besar ASEAN untuk Timor Leste itu diterima langsung oleh Bupati Belu dr. Agus Taolin dan Ketua Dekranasda Kabupaten Belu Dra. Freny Sumantri Taolin.

BACA JUGA : Kronologi Lengkap dan Klarifikasi Kematian Bayi di RSUD Atambua yang Viral di Medsos

Dalam kunjungan tersebut, kelima Duta Besar ASEAN juga diajak Bupati Agus Taolin dan Bunda Freny untuk melihat proses pembuatan kain tenun adat Belu yang langsung diperagakan oleh para penenun binaan Dekranasda Kabupaten Belu.

Para Duta Besar juga melakukan penanaman pohon Malar Hijau atau Evergreen di pekarangan Gedung Galeri Tenun Atambua.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Belu secara resmi menyampaikan ucapan selamat kepada Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste H.E. Mr. Okto Dorinus Manik dan istri Mrs. Flantina Silalahi, Duta Besar Malaysia untuk Timor Leste H.E. Mr. Amarjit Sarjit Singh dan istri Mrs. Param Git Kaur, Duta Besar Thailand untuk Timor Leste H.E. Mr. Atipat Rojanapaibulya dan istri Mrs. Lalana, dan Duta Besar Brunei Darusalam untuk Timor Leste H.E. Mr. Wan Hadfi Lutfan bin Haji Abdul Latif.

“Selamat datang kepada para Duta Besar ASEAN untuk Timor Leste di Galeri Tenun Atambua,” ucap Bupati Belu

Ia menuturkan, kunjungan kelima dubes tersebut akan semakin memperat hubungan antar kedua negara, Indonesia dan Timor Leste.

“Mudah-mudahan kedepannya ada kerjasama saudara-saudari kita dari masing-masing kedutaan di Timor Leste untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang, terutama pada bidang kesehatan. Hari ini kami juga menanam beberapa pohon sebagai kenang-kenangan bahwa Kabupaten Belu mendapat kunjungan dari yang mulia para ambassador dari masing masing negara ke Kabupaten Belu,” ungkap Bupati Belu.

Duta Besar Indonesia Untuk Timor Leste, H.E. Mr. Okto Dorinus Manik mengaku senang bisa berkunjung ke tempat kerajinan Kabupaten Belu. Disampaikan pula, kehadiran para Dubes ASEAN yang ada di Kota Dili-Timor Leste ke Galeri Tenun Atambua merupakan kesempatan yang sangat berharga.

“Seperti kita ketahui bahwa batas terdekat dari Timor Leste ke Indonesia adalah Kabupaten Belu, sehingga kami mengajak teman teman dari kedutaan asing khususnya dari ASEAN untuk melihat potensi apa yang bisa kami lakukan di Kabupaten Belu, terutama untuk kesehatan dan tidak menutup kemungkinan juga kita melirik sektor pertanian dan potensi lainnya untuk mungkin nanti ada pertanian atau kerjasama yang lainnya dan Banyak potensi yang kita bisa kembangkan,” jelas Dubes Okto Dorinus Manik. (Prokopimbelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *