Belu, News  

Dukung Program Bunda PAUD, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Belu

Dukung Program Bunda PAUD, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Belu
Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe saat pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Beku secara virtual, Sabtu (29/5/2021).

TIMORDAILYNEWS.COM, ATAMBUA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu siap mendukung seluruh program dan kegiatan yang direncanakan dan yang akan dilaksanakan oleh Bunda PAUD Kabupaten Belu bersama jajarannya.

Hal ini disampaikan Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe, saat memberikan sambutan usai Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Belu dan 7 (tujuh) Bunda PAUD lainnya secara virtual oleh Bunda PAUD Provinsi NTT, Sabtu (29/5/2021).

Dikatakannya, pengukuhan Bunda PAUD menjadi titik awal tantangan untuk Bunda PAUD dan seluruh pengurus PAUD Kabupaten Belu.

“Tadi kita sudah bersama menyaksikan pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Belu oleh Bunda PAUD Provinsi NTT dan hari ini menjadi titik awal tantangan untuk Bunda PAUD dan seluruh pengurus PAUD Kabupaten Belu karena sesuai dengan penyampaian Bunda PAUD Provinsi bahwa masih banyak PAUD yang belum terakreditasi,” ujar Manafe.

Manafe mengajak semua elemen terkait untuk bersinergi dalam memajukan lembaga PAUD di Kabupaten Belu.

“Pemerintah siap membantu Bunda PAUD beserta seluruh pengurusnya agar segera melakukan pembenahan pada kepengurusan,” tandasnya.

Menurutnya, PAUD merupakan awal dari seorang anak manusia dididik dan bermain sambil belajar.

“Mereka akan dilatih untuk berdisiplin, jujur dan lain-lain. Mereka akan dikenalkan untuk bagaimana bersosialisasi, dan saling mengenal. Untuk itu, tantangan ini akan pemerintah tunggu, apa upaya yang akan dilakukan oleh Bunda PAUD dan jajarannya melalui Dinas Pendidikan dan dinas-dinas teknis terkait lainnya,” jelasnya.

Manafe mengakui ada satu persoalan yang paling mendasar yaitu pengurus atau guru-guru PAUD belum akreditasi serta masih ada Desa/Kelurahan yang belum memiliki lembaga PAUD.

“Cita-cita Bupati dan Wakil Bupati adalah setiap dusun ada 1 PAUD. Kedepan dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati dengan tagline Membangun Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif artinya Sumber Daya Manusia menjadi lini utama yang harus kita perjuangkan dan salah satu program Bupati dan Wakil Bupati adalah pendidikan,” pungkasnya.

KENAL DAN SAYANG PAUD

Bunda PAUD Kabupaten Belu, Dra. Freny Indriani Yanuarika usai dikukuhkan oleh Bunda PAUD Provinsi NTT, Julie S. Laiskodat dan diikuti secara virtual dari Rumah Jabatan Bupati Belu, Sabtu (29/5/2021) mengajak semua elemen untuk mengenal dan menyayangi PAUD.

Dengan tagline Mari “Kenal dan Sayang PAUD” ini sebagai motivasi kepada Bunda PAUD Kabupaten, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa/Kelurahan agar selalu turun ke lapangan melihat langsung dan mengenal satu persatu PAUD yang berada di wilayah masing-masing serta mengidentifikasi setiap kebutuhan, persoalan dalam rangka pemenuhan 8 Standar Pelayanan PAUD.

“Hari ini, tepat 33 hari kami mengemban tugas sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Belu. Kami baru saja memulai langkah awal dalam tugas pelayanan. Saya mengajak kita semua, Bunda PAUD, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah untuk “Kenal dan Sayang PAUD” yang ada di wilayah kita. PAUD harus menjadi perhatian kita bersama karena PAUD adalah investasi untuk masa depan Sumber Daya Manusia Kabupaten Belu,” ujar Bunda Freny.

Lanjut Bunda PAUD Kabupaten Belu bahwa berdasarkan data, jumlah Lembaga PAUD di Kabupaten Belu sampai dengan tahun 2021 sebanyak: 219 PAUD.

Untuk PAUD yang bernaung dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu sebanyak 215 PAUD dan 4 Lembaga PAUD di bawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belu.

“Adapun penyebaran PAUD yang berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu yakni untuk Kecamatan Kota Atambua sebanyak 15 PAUD, Atambua Selatan 16 PAUD, Atambua Barat 14 PAUD, Kakuluk Mesak 21 PAUD, Tasifeto Timur 34 PAUD, Lasiolat 9 PAUD, Raihat 13 PAUD, Lamaknen 17 PAUD, Lamaknen Selatan 21 PAUD, Tasifeto Barat 27 PAUD, Nanaet Duabesi 8 PAUD dan untuk Kecamatan Raimanuk 20 PAUD,” terang Ketua TP PKK Kabupaten Belu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa melihat dari jumlah layanan PAUD pada masing – masing Kecamatan, rata-rata Desa/Kelurahan memiliki 2 (dua) atau lebih lembaga PAUD.

Namun masih ada Desa/Kelurahan yang hanya memiliki 1 (satu) lembaga PAUD bahkan mirisnya, ada Desa/Kelurahan yang sama sekali belum memiliki PAUD.

“Dari total 219 lembaga PAUD yang sudah terakreditasi sebanyak 53 PAUD atau 24,2 persen dan yang belum diakreditasi sebanyak 166 PAUD atau 75,8 persen. Melihat presentasi ini, jumlah PAUD yang terakreditasi di Kabupaten Belu masih belum mencapai 50 persen. Untuk tahun 2021 Kabupaten Belu mendapat kuota Akreditasi 40 Lembaga PAUD. Ini menjadi tantangan bagi kita semua yang terlibat dalam upaya peningkatkan Mutu Layanan PAUD,” ungkapnya.

Dikatakan Bunda PAUD Kabupaten Belu bahwa pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini karena melalui kegiatan di PAUD dapat memberikan rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak.

“Di PAUD itu, seluruh aktivitasnya dilakukan melalui pendekatan bermain sambil belajar. Selain itu anak juga diberi kesempatan utuk mengenal sekolah serta dalam diri anak pun ditanamkan nilai-nilai kehidupan yakni kejujuran, kedisiplinan, kerja sama dan hal hal positif lainnya,” kata Bunda PAUD Belu.

Lewat PAUD juga, anak anak akan dibentuk sejak dini menjadi anak-anak Belu, anak Indonesia yang berkualitas dan berkarakter yang sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Daerah pada periode Kepemimpinan saat ini.

“Mari bersama bersinergi, berinovasi untuk memajukan mutu layanan PAUD. Mari bekerja dengan hati untuk anak-anak usia emas Belu agar terwujudlah Generasi Belu yang Sehat, Berkarakter dan Mampu bersaing menghadapi dunia di era digitalisasi ini,” pungkas Bunda Freny.

Hadir dalam acara ini Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe, Wakil Ketua TP PKK/Dekranasda Kabupaten Belu, Rinawati BR Perangin Angin, SE,MM, Pimpinan OPD, Pimpinan Organisasi Wanita, Bunda PAUD Kecamatan, Rohaniawan, Romo Kris Fallo, Pr serta undangan lainnya. (prokompimbelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *