News  

Hari Pahlawan 2022, Pemkab Belu Gelar Upacara Tabur Bunga di Laut Atapupu

Hari Pahlawan 2022, Pemkab Belu Gelar Upacara Tabur Bunga di Laut Atapupu

TIMORDAILYNEWS.COM – Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang digelar di Halaman Kantor Bupati Belu, Kamis (10/11/2022) pagi, langsung dirangkai dengan Upacara Pelarungan Karangan Bunga dan Tabur bunga di Perairan Laut Utara Atapupu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Belu, Sekda Belu, Para Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belu, Perwakilan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, Kepolisian Daerah, ASN dan Satpol PP.

Upacara Tabur Bunga di laut diiringi lagu hening cipta. Selanjutnya, prosesi pelarungan karangan bunga dan penaburan bunga di laut yang dipimpin oleh Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM selaku Inspektur Upacara. Sedangkan Danpos Angkatan Laut, Flavio Ribero bertindak sebagai Komandan Upacara.

Upacara Tabur Bunga di Laut merupakan wujud pemberian penghargaan dan penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara dan bangsa Republik Indonesia.

Usai Pelarungan Karangan Bunga, Wabup Belu mengatakan, peristiwa hari ini adalah untuk mengenang kembali para pahlawan yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan, dengan mengorbankan jiwa dan raga.

“Kita menghormati para pahlawan dengan menabur bunga. Tetapi lebih penting adalah nilai -nilai luhur kepahlawanan mereka, kita jadikan sebagai nilai hidup untuk keseharian kita dalam berpemerintahan untuk membangun bangsa dan negara,” ungkapnya.

Sebagai generasi muda, kita menjadi juru mudi dalam menjiwai semangat perjuangan para pahlawan kita.

“Mereka akan bangga kalau generasi penerusnya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan yang sudah mereka tinggalkan,” ucap Wabup Belu. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *