Belu  

Kabupaten Belu Raih Dua Penghargaan dalam Ajang IGA 2021

Kabupaten Belu Raih Dua Penghargaan dalam Ajang IGA 2021

TIMORDAILYNEWS.COM – Kabupaten Belu meraih penghargaan pada ajang Innovative Government Award dengan kategori Daerah Tertinggal dan Kabupaten Terinovatif, yang gelar Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dalam Acara Penyerahan Innovative Government Award (IGA) berlangsung di Jakarta, dan diikuti secara Virtual para Gubernur, Walikota dan Bupati seluruh Indonesia.

Acara Penyerahan dan Penganugrahan  Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 dengan Kategori penghargaan yang akan diberikan kepada Provinsi, Kabupaten dengan kategori Terinovative, Sangat Innovative dan Innovative ini dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri RI – Mohamad Tito Karnavian. Mewakili Pemerintah Kabupaten Belu diikuti Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Belu –  Drs. Nikolaus Umbu K. Biri dan pejabat yang mewakili Kepala BP4D, Kabid.  Penelitian dan Pengembangan – Zelia E. L. Da Costa, S.STP.

Dalam sambutanya Menteri Dalam Negeri – Mohamad Tito Karnavian berharap kegiatan Penganugrahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 tidak hanya seremonial apalagi tujuannya untuk tutup tahun buat program untuk mengejar realisasi belanja.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin mendorong kita semua, mengingatkan kita semua bahwa pemberian penganugrahan ini sebagai terobosan kreatif dan inovatif pemerintahan itu betul-betul sebagai sesuatu yang diperlukan dan ini akan menciptakan kompetitif,” ungkap Mendagri.

Lanjut Mendagri, hal ini dilakukan untuk mendorong maupun memberikan terobosan kepada daerah- daerah yang belum ikut dalam ajang Inovative Goverment Award (IGA) sehingga memberikan kebanggaan kepada daerah – daerah yang berinovasi dan yang lain berusaha untuk berlomba-lomba supaya kedepan untuk bisa mengikuti IGA.

Bagi daerah yang tidak mengikuti dan kurang inovative, Menteri Dalam Negeri berharap bahwa kegiatan IGA ini dapat memicu daerah- daerah yang tidak ikut dalam ajang inovative ini agar terdorong dan lebih terpacu untuk mengikuti ajang tersebut.

Pada acara penyerahan dan penganugrahan Award Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 ini diumumkan Penganugrahan Penghargaan kepada 31 Pemerintah Daerah Terinovatif, terdiri dari 6 provinsi, 10 kabupaten, 10 kota dan 3 daerah perbatasan serta 3 daerah tertinggal, Selanjutnya Pemberian penghargaan Pemerintah Daerah dengan predikat sangat Inovatif dan Inovatif diberikan kepada 14 Daerah Perbatasan, terdiri dari 3 provinsi, 7 kabupaten, 2 kota dan 2 daerah perbatasan dengan menerima tropi dan piagam penghargaan.

Usai acara penganugerahan secara Virtual, ketika diwawancarai Sekretaris BP4D Kab. Belu –  Rene Bere Baria, ST mengatakan Kabupaten Belu meraih penghargaan pada ajang IGA dengan kategori Daerah Tertinggal dan Kabupaten Terinovatif.

“Tahun ini Kabupaten Belu masuk sebagai kabupaten terinovative dan sebagai kabupaten daerah tertinggal, dan hasilnya Belu juara dua.

Kita juga akan mendapatkan tambahan dana insentif daerah yang besarannya belum disebutkan. Dan sebenarnya dari ajang IGA ini kita mengikuti 13 inovasi dan yang terpilih terkait penanganan pelayanan di Plaza infopublik dan kedepan inovasi – inovasi tersebut pemerintah dapat menindaklanjuti hasil dari inovasi tersebut, sehingga pelayanan bagi masyarakat kita dapat terus di tingkatkan, paparnya. (kominfobelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *