News  

Kabupaten Belu Raih PPKM Award, Presiden Beri Apresiasi dan Ajak Terus Berkontribusi

TIMORDAILYNEWS.COM – Kabupaten Belu kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini langsung dari Presiden Jokowi.

Penghargaan tersebut diberikan karena Kabupaten Belu meraih Peringkat III Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) PPKM Award wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Kabupaten Belu dinilai sebagai daerah yang berkontribusi dan bekerja keras dalam upaya penanganan Pandemi Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur selama kurun waktu 2021-2022.

Metode penanganan dan Pengendalian Covid-19 yang telah dilakukan selama ini bisa menjadi blue print atau acuan untuk kewaspadaan terhadap kemungkinan pandemi maupun endemi di masa mendatang.

Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo kepada Kabupaten yang menjadi terbaik berdasarkan wilayah masing-masing, Senin (20/3/2023).

Penghargaan dari Presiden Jokowi  tersebut adalah Penghargaan Penanganan COVID-19 yang diterima Wakil Bupati Belu, Dr. Aloysius Haleserens di Gedung Dhanapala, Jakarta, Senin (20/3/2023).

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga kesehatan, para petugas, para relawan, yang telah gugur dalam tugas menangani pandemi Covid-19,” ungkap Presiden dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga mengajak para penerima PPKM Award untuk terus berkontribusi membangun negeri.

“Kepada Bapak Ibu yang menerima PPKM Award, saya menyampaikan selamat. Marilah pengabdian ini terus kita lanjutkan untuk memecahkan berbagai masalah-masalah kemanusiaan dan kebangsaan, dan membangun Indonesia menjadi negara maju,” tandas Presiden.

Adapun indikator penilaian, sebagai wujud kinerja Pemda dalam Pengendalian Covid-19 di antaranya, indikator regulasi penanganan Covid-19, indikator penegakan protokol kesehatan, testing, tracing, treatment, dan vaksinasi Covid-19, serta indikator realisasi anggaran untuk penanganan Covid-19 di tahun 2021.

Sebelum melakukan penilaian, Dewan Juri juga melakukan wawancara dengan Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu bersama Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Belu dan Para Pengelola Data Covid-19.

Untuk diketahui, Kategori pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah dalam Pengendalian Pandemi Covid-19 sendiri terdiri dari kategori Penghargaan Provinsi Berkinerja Terbaik dan Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik 1, 2, 3 Per Kawasan yaitu Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara-Maluku-Papua.

Kegiatan PPKM Award diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia. (Prokopimbelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *