News  

Kamabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Belu Dilantik

Kamabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Belu Dilantik

TIMORDAILYNEWS.COM – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi NTT, Drs. Sinun Petrus Manuk melantik Majelis Pembimbing Cabang, Pengurus Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Belu. Masa Bakti 2022-2027. Prosesi pelantikan berlangsung di GOR L. A. Bone, Sabtu (17/12/2022).
Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM pada kesempatan itu dilantik sebagai Ketua Kwartir Cabang.

Pengurus Gerakan Pramuka Belu masa bakti 2022-2027. Usai melantik, Ketua Kwarda Provinsi NTT mengatakan, Wakil Bupati Belu dilantik sebagai Ketua Harian Majelis, yang juga sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Belu.

“Para Camat sebagai ujung tombak dan Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Gerakan Pramuka Belu serta Pramuka Penegak dan Pandega diharapkan sebagai mitra perpanjangan tangan pemerintah yang berperan membangun dan membina watak, mental serta karakter generasi muda,” katanya.

Ketua Kwarda juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu yang sudah memfasilitasi kegiatan pramuka ini.

“Terima kasih buat kakak-kakak yang bersedia hadir untuk dilantik, serta ikut mengulang Tri Satya Pramuka Indonesia sebagai peringatan dan bersedia menjadi pengurus pramuka,” ucapnya.

Ia menjelaskan, gerakan pramuka juga berfungsi sebagai wadah untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

“Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pelbagai usaha yang meliputi Pendidikan dan pelatihan Pramuka; Pengembangan Pramuka; Pengabdian masyarakat dan orang tua; dan Permainan yang berorientasi pada pendidikan,” ujarnya.

Ia menambah, sebagai fungsi partisipasi, pramuka dituntut untuk terlibat dalam berbagai aktivitas masyarakat sesuai dengan tingkatannya.

Tujuan Gerakan Pramuka adalah untuk membentuk setiap Pramuka agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin.

“Selain itu juga pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup. Dengan itu semua diharapkan menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup,” terang Sinun Petrus.

Lanjutnya, pencapaian tujuan tersebut diharapkan akan berhasil membentuk kader bangsa sekaligus kader pembangunan di Indonesia yang berkepribadian. Kepribadian tersebut diantaranya adalah beriman dan bertakwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Disamping itu, diharapkan mampu membentuk sikap dan prilaku yang positif, dengan ditandai menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki ketahanan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik,” tukasnya.

Dengan sikap-sikap tersebut, kata Sinun Petrus akan menjadikan manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Upacara pelantikan dimeriahkan dengan Tarian Tebe, persembahan dari SMKN Raimanuk, Atraksi Bendera Semafor dari Gerakan Pramuka Belu dan Display Drum Band Politeknik Unhan RI.

Usai pelantikan, Ketua Kwarda NTT, Ketua Harian Mabicab Kabupaten Belu, Wakil Dekan Unhan RI, Komandan Kadep Resimen Politeknik Unhan RI dan Sekretaris Daerah Kabupaten Belu berkesempatan membagi bingkisan kepada Perwakilan Anak Stunting asal Kelurahan Umanen dan para Camat. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *