Belu  

Kejuaraan Pencak Silat yang Keempat Digelar, Bupati Belu Tegaskan Wajib Taat Prokes

Kejuaraan Pencak Silat yang Keempat Digelar, Bupati Belu Tegaskan Wajib Taat Prokes
TIMORDAILYNEWS.COM – Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH., FINASIM membuka kegiatan Pencak Silat Antar Perguruan se Kabupaten Belu yang ke IV, Rabu (30/6).

Kejuaraan ini berlangsung di Gor L.A. Bone Atambua dan dilaksanakan mulai 30 Juni hingga 5 Juli 2021 dan memperebutkan piala bergilir Bupati Belu.

Kejuaraan diikuti sebanyak 6 perguruan pencak silat se Kabupaten Belu diantaranya Perguruan Pencak Silat Sera Panca Jaya, Pencak Silat Tapak Sakti, Pencak Silat Cendana Wangi, Pencak Silat Padjajaran, Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Teratai dan Pencak Silat Perisai Diri.

Kejuaraan Pencak Silat diawali dengan janji atlet dan juri serta pembacaan deklarasi yang selanjutnya dilakukan penandatanganan deklarasi damai oleh perwakilan masing-masing perguruan pencak silat dan disaksikan oleh Bupati Belu, Ketua IPSI Kabupaten Belu dan anggota DPRD Kabupaten Belu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belu, wasit, juri dan para Pelatih Perguruan Pencak Silat.

Ketua IPSI Kabupaten Belu – Benny Manek dalam sambutannya mengatakan pencak silat merupakan budaya bangsa yang harus kita lestarikan, karena pencak silat bukan hanya seni beladiri, tetapi disitu juga terkandung nilai budi pekerti, dan nilai sosiologi yang ada disitu. Untuk itu sebagai anak bangsa kita wajib untuk menjaga dan melestarikannya.

Benny Manek menambahkan bahwa Kejuaraan pencak silat ini diadakan setiap tahun, dan ini merupakan yg ke empat kalinya, dan sekurang kurangnya ada dua kegiatan yang dilakukan.

Dengan pembinaan secara berjenjang kejuaraan atau event – event banyak dilakukan dan IPSI Belu telah mengutus perwakilannya ditingkat nasional dan IPSI Belu merupakan juara bertahan untuk ke empat kalinya.

Dan apa yang sudah diraih ini IPSI Belu sangat berterima kasih kepada jajaran pengurus IPSI Kab. Belu, para pelatih dan altlet – atlet yang selalu mempunyai daya juang yang tinggi di matras.

“IPSI Belu juga memiliki 6 atlet yang akan mewakili Kab. Belu di PON untuk kedua kalinya, salah satunya dari Kabupaten Belu atas nama Ronaldo dan juga atlet O2SN yakni Nimas Nimas”, ujar Benny.

Selain itu Benny juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda Belu yang telah mendukung program IPSI Belu, dan kendala yang dihadapi IPSI Kabupaten Belu yakni pendanaan, sangat diharapkan kepada Pemerintah Kab. Belu untuk dapat memberikan perhatian kepada IPSI Belu.

Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH., FINASIM, pada sambutannya mengatakan hari ini pada kegiatan kejuaraan Bupati Cup, apapun event yang dilakukan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting.

Pada setiap cabang olahraga apapun itu merupakan bentuk untuk mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan dan pada hari ini merupakan cabang olahraga Pencak Silat.

Lanjutnya, hari ini walaupun dalam masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Belu terdapat peningkatan kasus, tetapi diharapkan penyelenggaraan kegiatan ini dengan tetap menerapkan standar prosedur kesehatan. selain itu untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti kegiatan pesta yang mengumpulkan orang terlalu banyak dan tidak bermanfaat untuk sementara kita stop.

Ditambahkan Bupati, untuk kegiatan pembinaan semua atlet dan pelatih maupun juri agar dilakukan pemeriksaan antigen. Dengan penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan dan dibatasi kapasitasnya, ataupun sesudah kejuaraan dilakukan lagi pemeriksaan antigen.

“Tadi sudah dilakukan pengucapan janji, pegang teguh janji tersebut, karena janji itu merupakan sala satu ikrar yang telah dilakukan oleh karena itu kita harus jaga dengan menjujung sportifitas, kalah ya kalah, menang ya menang harus junjung sportifitas. Pemerintah tetap mensuport terhadap seluruh atlet, bahkan nanti akan diberikan jenjang prestasi kepada para atlet agar bisa direkrut untuk mendapatkan pekerjaan lainnya, ” ujar Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada pengurus IPSI untuk lebih memperhatikan para atletnya, dan diharapkan event-event seperti ini tetap dilakukan agar dapat dilihat hasil yang telah dicapai.

Usai memberikan sambutan Bupati Belu menyerahkan piala bergilir Bupati Cup kepada ketua IPSI Belu selaku panitia untuk diperebutkan kembali pada ajang kejuaraan pencak silat antar perguruan se Kabupaten Belu. (kominfobelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *