News  

Ketua TP PKK Kabupaten Belu Berharap PKK Bisa Jadi Pelopor

Ketua TP PKK Kabupaten Belu Berharap PKK Bisa Jadi Pelopor

TIMORDAILYNEWS.COM – PKK sebagai mitra kerja pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Penggerak peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang digunakan dalam PKK merupakan prinsip dasar gotong royong.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu, Dra. Freny Sumantri Taolin di Pencanangan BBGRM, HKG PKK dan Harganas di Desa Mandeu, Kecamatan Raimanuk, Senin (15/08/2022). Bunda Freny, hadir bersama Wakil Ketua, Rinawati Haleserens, SE., MM dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Belu, Yosefina Lenny Marlina Katho, SP.

Bunda Freny menuturkan, sepanjang limapuluh tahun perjalanan Gerakan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan. Dinamika perjalanan Gerakan PKK selama ini, bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua. “Bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus. Oleh karena itu, Gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatîf dan kerjasama.” jelasnya.

Selain itu momentum Peringatan HKG-PKK kali ini juga harus mampu kita dayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program.

“Saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan Tim Penggerak PKK dapat dilakukan disemua jenjang. Hal ini menjadi penting, karena pada hakekatnya program-program PKK dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran, ketika itu semua dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang juga baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terimakasih kepada Tim Penggerak PKK baik ditingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa, yang telah menjadi mitra yang baik bagi pemerintah.

“Tim Penggerak PKK diharapkan bisa terus berperan aktif bersama pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks sehingga tercipta sinergi dan keselarasan antara program yang dicanangkan Tim penggerak PKK dengan program pembangunan oleh pemerintah,” terang Ny. Freny.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 ini menjadi sangat istimewa karena merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK.

“Melalui peringatan kali ini, saya harap gerakan PKK dapat kembali kepada ruhnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Dengan kata lain, keluargalah yang harus senatiasa menjadi perhatian kita dan harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat,” tambahnya. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *