Belu, News  

KPU Belu Tetapkan Paket SEHATI Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih Sebelum Paskah

KPU Belu Tetapkan Paket SEHATI Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih Sebelum Paskah
Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak

TIMORDAILYNEWS.COM, ATAMBUA – Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan untuk menolak seluruh permohonan paket SAHABAT (Willy Lay-Ose Luan) dalam sidang hari ini, Kamis (18/3/2021).

Ini berarti, Paket SEHATI (Agus Taolin-ALo Haleserens) melaju mulus untuk ditetapkan sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Belu Terpilih, hasil pemilihan tanggal 9 Desember 2020 lalu.

Menindaklanjuti ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu akan segera melakukan rapat pleno untuk menetapkan papsangan calon terpilih.

Ketua KPU Kabupaten Belu, Mikhael Nahak yang dihubungi TIMOR DAILY melalui ponselnya, kamis(18/3/2021) malam mengatakan, pihaknya pada prinsipnya menyambut dengan baik sesuai putusan MK.

Pihaknya menghormati dengan putusan MK, karena sudah sejalan dan sesuai dengan jawaban KPU Belu selaku termohon.

Untuk langkah selanjutnya, kata Mikhael,  pihaknya menunggu salinan putusan MK untuk penetapan pasangan calon terpilih.

“Salinannya walaupun sudah disampaikan hari ini atau pun besok. Paling lama itu 3 hari setelah penetapan hari ini, terhitung mulai hari ini karena MK sudah memberikan penetapan hari ini. Sehingga tunggu saja salinan dari MK untuk penetapan pasnagan calon terpilih,” jelasnya.

Menurut Mikhael, pihaknya menunggu salinan putusan dan masih ada waktu kurang lebih 5 hari yang dapat mengerjakan.

Dia memastikan, sebelum paskah atau sekitar tanggal 24 Maret 2021, pihaknya sudah bisa melakukan pleno penetapan calon terpilih.

Saat ini, umat nasrani di seluruh dunia termasuk Kabupaten Belu sedang dalam masa pra paskah. Pekan suci akan dimulai Hari minggu Palma tanggal 28 Maret dan berakhir pada Senin tanggal 5 April 2021.

“Hari ini putusan, maka salinan itu paling lama tanggal 24 sudah dapat ditetapkan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, hari ini Mahmakah Konstitusi memutuskan menolak semua permohonan Paket SAHABAT. Sehingga otomatis Paket SEHATI yang akan ditetapkan dan selanjutnya diproses untuk dilantik.

Berdasarkan hasil Pilkada 9 Desember 2020 lalu, perolehan suara Paket SEHATI unggul atas Paket SAHABAT yang adalah sang petahana dengan selisih suara 247. (veg/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Laporan Wartawan : Silvester Manek

Editor : Marselino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *