google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kunjungi Lembata NTT, Jokowi Ingatkan Protokol Kesehatan

Presiden Joko Widodo meninjau Lokasi Bencana, yang terletak Desa Amakaka, Kecamatan ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Jumat (9/4/2021).

TIMORDAILY.COM, KUPANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Korban paling banyak bencana NTT berasal dari wilayah tersebut.

“Ini yang akan terus kita usahakan agar yang dalam pencarian tadi bisa ditemukan. Tetapi kalau kita lihat di lapangan memang keadaannya berbatuan, batu yang besar-besar yang itu sangat menyulitkan alat-alat kita tetapi tadi sudah saya perintahkan untuk terus dicari dan ditemukan yang masih hilang 45 orang,” kata Jokowi seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (9/4/2021).

Jokowi juga menerima laporan terkait harga BBM yang mahal. Namun dia memastikan logistik untuk para pengungsi tercukupi.

“Untuk pengungsian juga sudah pastikan bahwa karena memang tidak begitu banyak yang mengungsi tetapi ada untuk memastikan logistiknya, saya kira cukup. Hanya tadi ada dari masyarakat menyampaikan bahwa BBM-nya mahal ya, saya terima,” ujar dia.

Poin lain yang disampaikan Jokowi dalam kunker tersebut mengenai relokasi. Jokowi mengatakan pembangunan segera dilakukan.

“Kemudian yang ketiga daerah yang terdampak ini nanti tadi saya sudah berbicara dengan Gubernur NTT dan juga Bupati Lembata nanti dengan persetujuan masyarakat lokasi ini akan dipindahkan, akan direlokasi dan secepatnya akan dibangun, dalam waktu yang secepat-cepatnya,” tutur Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mendoakan seluruh korban yang meninggal dunia. Berdasarkan laporan dari BNPB, ada 165 orang meninggal dunia dan 45 hilang.

“Saya secara pribadi dan mewakili pemerintah mengucapkan duka yang mendalam atas korban yang ada. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan diberikan tempat yang terbaik dan yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” imbuh Jokowi.

Setelah dari Lembata, Jokowi juga mengunjungi lokasi terdampak tanah longsor di Flores Timur. Jokowi mengatakan ada 71 orang yang meninggal dunia akibat bencana di Flores Timur.

“Khusus di kabupaten Flores Timur yang meninggal dunia ada 71 orang dan masih dalam pencarian 5 orang. Saya tadi sama seperti yang di Lembata, lokasi yang ada sekarang akan kita geser akan kita pindahkan relokasi, yang nanti segera ditetapkan oleh bupati, gubernur tapi yang jelas kementerian PU siap untuk membangun rumahnya secepat-cepatnya,” kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden sekitar pukul 15.05 WIB.

Jokowi juga mengingatkan soal protokol kesehatan. Dia berharap penularan COVID-19 bisa ditekan.

“Saya melihat yang berkumpul banyak sekali, hati-hati protokol kesehatan, semua pakai masker yah agar yang namanya COVID tidak semakin menyebar dkemana-mana, utamanya di Nusa Tenggara Timur,” ujar Jokowi.(via/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Editor: Oktavianus Seldy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *