News  

Kunker di Belu, Kapolda NTT Sosialisasikan Tupoksi Polri Kepada Tokoh Lintas Sektor

Kunker ke Belu, Kapolda NTT Sosialisasikan Tupoksi Polri Kepada Tokoh Lintas Sektor

TIMORDAILYNEWS.COM – Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma melakukan Sosialisasi Tupoksi Polri kepada Tokoh Lintas Sektor Kabupaten Belu, di Ballroom Hotel Matahari Atambua, Kamis (8/12/2022).

Menurut Kapolda NTT, Tugas Pokok dan Fungsi Polri sangat luas dan menyentuh berbagai bidang kehidupan.

“Hal itu seperti tercantum dalam Pasal 30 ayat (4) UUD 1945 bahwa Polri sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta penegakan hukum,” katanya.

Ia menegaskan, tugas dan wewenang Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Adapun tugas yang diemban POLRI sebagaimana yang diatur dalam UU No. 2 tahun 2002 adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, dan memberikan perlindungan bagi masyarakat, mengayomi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar lulusan Akpol 1989 yang berpengalaman dalam bidang Brigade Mobil.

Mantan Kadivhubinter Polri ini menuturkan, tugas memelihara konstitusi merupakan tugas utama dan tugas pokok Polri yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh Polri.

“Tetapi harus didukung oleh segenap komponen masyarakat, termasuk dengan instansi-instansi terkait dalam memberikan rasa aman, menciptakan ketertiban dan memberi kenyamanan bagi masyarakat,” tukasnya.

Disamping itu, ujar Johni Asadoma bahwa TNI bertugas menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah. Sementara Polri bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Ini tugas yang masuk dalam hukum dan konvensi internasional di negara manapun. Tujuannya adalah untuk mendukung fungsi pemerintah dalam membangun daerah ini dengan aman dan lancar,” tandasnya.

Untuk fungsi kamtibmas, sosok yang pernah memimpin Kontingen Garuda Bhayangkara FPU Indonesia pertama yang bergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB di Darfur, Sudan ini, mengajak masyarakat untuk melihat anggota Polri saat melakukan tugas-tugas pengamanan, penjagaan, dan pengaturan lalu lintas, sehingga segala sesuatu berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

“Polri selalu siap siaga dan apabila ada gangguan maka Polri akan menuju TKP. Terkait tugas penegakan hukum, bila ada pelanggaran maka Polri mempunyai kewenangan untuk memproses,” tegas Kapolda NTT. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *