Menteri Perhubungan Pantau Pembangunan Terminal Bandara Mali-Alor

Menteri Perhubungan Pantau Pembangunan Terminal Bandara Mali-Alor

Kepala UPBU Bandara Mali, Kabupaten Alor

TIMORDAILYNEWS.COM, ALOR- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi akan memantau pembangunan terminal baru Bandara Mali di Kabupaten Alor yang dibangun sejak tahun 2019 lalu.

Kehadiran Karya Sumadi di Kabupaten Alor ini dijadwalkan pada Jumat 14 Januari 2022 setelah melakukan kunjungan kerja dari Labuhan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Sementara apakah Menteri juga akan melakukan kunjungan ke bandara kedua di Kabupaten Alor, Bandara Pantar, informasi itu belum diketahui.

“Informasi yang kami terima Pak Menteri dari Labuhan Bajo langsung terbang dengan pesawat khusus ke Alor pada Jumat pagi nanti. Menteri tiba di Bandara langsung memantau pembangunan terminal Bandara yang secara fisik bangunannya telah selesai. Sementara untuk pantau Bandara Pantar belum ada informasi,” ungkap Kepala UPBU Bandara Mali, Suharmadji kepada Wartawan di Kalabahi usai rapat bersama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Alor, pada Rabu 12 Januari 2022.

Suharmadji mengatakan, terminal bandara Mali meski secara fisik telah selesai, namun belum dapat digunakan. Pasalnya untuk sarana-prasarana interiornya belum ada karena ketiadaan anggaran lagi.

Menurut Suharmadji, akibat pandemi covid-19 yang berdampak pada kebijakan refocusing sehingga anggaran untuk pembangunan terminal bandara ini dipotong cukup besar.

“Target kita pembangunan terminal termasuk sarana interiornya tiga tahun sudah kelar. Namun karena covid-19 anggarannya di potong. Akhirnya untuk masalah kelistrikan belum dapat dipenuhi. Listrik untuk memfungsikan lift, eskalator, AC, dan conveyor. Selain listrik, juga aksesoriesnya seperti kursi dan peralatan lainnya belum ada,” ungkap Suharmadji.

Suharmadji menandaskan, dirinya akan menyampaikan kondisi riil berkaitan dengan progres pembangunan terminal kepada Menteri ketika memantau terminal bandara itu, sehingga bisa mendapat perhatian agar terminal tersebut dapat difungsikan.

Berkaitan dengan kunjungan Menteri Perhubungan ini, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Alor, Ir. Yoseph Malaikosa menjelaskan, dirinya telah memimpin rapat persiapan penjemputan Menteri.

Informasi yang ada, jelas Malaikosa, Menteri datang ke Alor untuk memantau progres pembangunan Bandara Mali dan juga meninjau Pelabuhan Dermaga Fery.

“Informasi yang kami terima Menteri setelah dari Labuhan Bajo, pada Jumat nanti terbang dengan pesawat khusus ke Alor. Menteri nanti setelah melakukan peninjauan di dua lokasi itu kemudian melaksanakan Sholat Jumad. Setelah itu melakukan pertemuan dengan Pemerintah di Kantor Bupati Alor, dan selanjutnya dalam hari itu juga melanjutkan penerbangan ke Maumere, Kabupaten Sikka,” jelas Malaikosa.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *