MK Batalkan Putusan KPU Sabu Raijua, Orient Riwu Kore dan Thobias Uly Didiskualifikasi

MK Batalkan Putusan KPU Sabu Raijua, Orient Riwu Kore dan Thobias Uly Didiskualifikasi
Orient Riwu Kore

TIMORDAILNEWS.COM, JAKARTA – Langkah Orient P. Riwu Kore dan Thobias Uly memimpin daerahnya Kabupaten Sabu Raijua harus terhenti.

Pasalnya kemenangan yang telah mereka raih pada Pilkada Sabu Raijua tahun 2020 lalu harus batal setelah Mahkamah Konstitusi (MK) dalam putusannya membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabu Raijua tentang penetapan hasil pilkada.

Dilansir dari kumparan, MK akhirnya memutus sidang gugatan Pilkada Sabu Raijua yang dimenangi WN Amerika Serikat (AS), Orient Patriot Riwu Kore.

Gugatan tersebut diajukan 3 pemohon yakni 2 paslon lawan Orient, Nikodemus N. Rihi Heke-Yohanis Uly Kale dan Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba, serta LSM Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Sabu Raijua (AMAPEDO).

Dalam putusannya, MK mengabulkan gugatan para pemohon. MK membatalkan kemenangan Orient, sekaligus mendiskualifikasi Orient dan pasangannya Thobias Uly dari Pilkada Sabu Raijua.

“Mengadili, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. menyatakan batal keputusan KPU Sabu Raijua tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara,” ujar Ketua MK, Anwar Usman, saat membacakan putusan di ruang sidang, Jakarta, Kamis (15/4/2021) seperti dilansir kumparan.com.

“Menyatakan batal keputusan KPU Sabu Raijua tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada Sabu Raijua tanggal 23 Januari 2020. Menyatakan diskualifikasi pasangan calon nomor urut 2, Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly, dari kepesertaan dalam Pilkada Sabu Raijua 2020,” lanjutnya.

MK pun memerintahkan KPU Sabu Raijua melakukan pemungutan suara ulang tanpa mengikutsertakan paslon Orient-Thobias.

Polemik ini bermula ketika Bawaslu Sabu Raijua menerima email balasan dari Kedubes Amerika Serikat pada 1 Februari 2021. Dalam suratnya, Kedubes AS menyebut Orient merupakan warga negaranya.

Padahal Orient sudah ditetapkan sebagai Bupati terpilih. Orient-Thobias meraih 21.359 suara atau 48,3%.

Paslon yang diusung PDIP, Demokrat, dan Gerindra itu menumbangkan petahana, Nikodemus-Yohanis, yang meraih 13.292 suara atau 30,1%. Sementara paslon Takem-Herman mendapat 9.569 suara atau 21,6%.

Sengkarut Pilkada Sabu Raijua akhirnya digugat ke MK. Dalam sidang, Orient mengakui pernah mendapatkan kewarganegaraan AS pada 2007.

Orient mendapatkan status WN AS karena bekerja di General Dynamics NASSCO, sebuah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan kapal tempur untuk angkatan laut (AL) Amerika Serikat dan kapal minyak.

Ia kemudian mengaku sudah melepas status WN AS tersebut pada 5 Agustus 2020 atau sebulan sebelum pendaftaran paslon Pilkada melalui Kedubes AS. Namun Kedubes AS belum memproses permohonan tersebut dengan alasan pandemi corona.

Hingga akhirnya terungkap Kedubes AS masih mencatat Orient masih sebagai warga negaranya dan sengkarut Pilkada Sabu Raijua terjadi. Kini MK telah memutuskan membatalkan kemenangan Orient dan mendiskualifikasinya dari Pilkada Sabu Raijua.

“Syarat warga negara yang dapat mengajukan diri sebagai calon dalam Pilkada adalah mereka yang berstatus WNI. Dengan demikian karena Orient Patriot Riwu Kore memiliki paspor AS yang dalam batas penalaran yang wajar, yang bersangkutan masih melekat status sebagai WN AS sehingga tidak memenuhi syarat warga negara sebagaimana diatur dalam Pasal 7 UU Pilkada untuk mengajukan diri sebagai calon dalam Pilkada Sabu Raijua,” kata Hakim MK, Saldi Isra, dalam pertimbangan putusan.

“Maka status Orient Patriot Riwu Kore sebagai calon Bupati dari paslon nomor urut 2 harus dinyatakan batal demi hukum,” ucap Hakim Saldi. (r-3/kumparan/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *