Nehemia Bery Pimpin PERHIPTANI ALOR

Bupati Alor kukuhkan pengurus DPD PERHIPTANI Kabupaten Alor

TIMORDAILYNEWS.COM, ALOR – Nehemia Yahya Bery, SST terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Kabupaten Alor untuk masa bhakti 2022-2027.

Nehemia terpilih untuk menakhodai atau memimpin organisasi ini setelah mayoritas suara memberikan dukungan kepadanya dalam kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) DPD PERHIPTANI Kabupaten Alor yang digelar, Selasa (25/01/2022) di Aula Ishak-Ismael Aikoli, Kabupaten Alor.

Musda organisasi penyuluh ini dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Alor, Yustus Dopong Abora, dan dikukuhkan oleh Bupati Alor, Drs. Amon Djobo.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Mantan Ketua DPD PERHITANI Kabupaten Alor, Donatus Wolo, sesepuh penyuluh di Kabupaten Alor, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Alor, Johanis Francis, dan pejabat Dinas Pertanian lainnya.

Bupati Djobo ketika mengukuhkan pengurus DPD PERHIPTANI yang baru menandaskan, keberhasilan program Pemerintah Kabupaten Alor, yakni Alor Kenyang berada dipundak penyuluh, karena setiap waktu penyuluh hidup bersama masyarakat petani.

Program Alor Kenyang, ungkap Djobo, ditempatkan pada nomor pertama setelah itu baru Alor Sehat dan Alor Pintar, karena filosofinya orang setelah kenyang atau terpenuhi kebutuhan pangannya baru bisa hidup sehat dan menjadi pintar.

Djobo mengharapkan, penyuluh terus memberikan motivasi kepada petani, peternak dan nelayan sehingga semua yang ada dapat mengembangkan usahanya secara optimal.

Khusus untuk petani, dapat terbangun usaha pertanian yang maju menuju swasembada pangan atau makan yang cukup yang disebut ekivalen beras. Masyarakat, tandas Djobo, tidak hanya tanam jagung dan padi saja, tetapi semua pangan lokal untuk menjaga ketahanan pangan yang ada sebagai subsitusi pangan.

foto bersama Pengurus dan Anggota PERHIPTANI Kabupaten Alor

Pada kesempatan tersebut, Bupati dua periode ini menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Alor, karena komoditi jagung dari Kabupaten Alor juga sudah diantarpulaukan dan menjadi daerah sumber benih.

“Tahun lalu, kita antar pulau-kan jagung dari Alor sebanyak 37 ton, dan kita kirim benih jagung ke Kabupaten Lembata sebanyak 15 ton. Jagung yang diantarpulaukan tersebut baru dari 1 desa saja, Aramaba. Untuk itu dalam tahun ini dengan program Gubernur NTT, Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) kita diminta siapkan 5.000 ha, namun kita berobsesi dengan 15.000 ha. Bahkan dari Camat Pantar Tengah telah menyiapkan lahan yang luas untuk pengembangan program ini,” tandas Djobo.

Djobo menambahkan, kedepannya jagung dapat menjadi komoditi unggulan daerah ini, seperti komoditi lainnya, yakni vanili dan cengkeh yang pangsa pasarnya telah tembus pasar nasional dan dunia. Vanili Alor, kata Djobo, memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga masuk pangsa pasar dunia.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Alor, Yustus Dopong Abora dalam sambutan pembukaannya menegaskan, organisasi ini sangat strategis dan eksistensinya harus dipertahankan. Pengurus yang baru harus memiliki visi yang dapat memajukan pertanian dan peternakan di Kabupaten Alor.

Abora juga minta agar penyuluh di Kabupaten Alor dapat membangun koordinasi dan komunikasi yang membamgun dengan Kepala Desa dan aparatnya. Menurut mantan Plt. Sekda Kabupaten Alor ini, di desa saat ini memiliki anggaran untuk pengembangan ekonomi, sehingga koordinasi diharuskan agar anggaran tersebut dapat dikembangkan dengan berbagai bidang usaha pertanian, peternakan sesuai dengan kondisi desa yang ada.

Kadis Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Alor membuka musda PERHIPTANI Kabupaten Alor

Mantan Ketua DPD PERHITANI Kabupaten Alor, Donatus Wolo dalam forum itu menyampaikan, penyuluh adalah wajah dari petani di daerah ini, sehingga penyuluh harus menjadi contoh yang baik dalam melaksanakan tugasnya.

Menurut Wolo, maju atau kuatnya pertanian didaerah merupakan tugas terpenting atau peran yang harus dilakukan oleh penyuluh terhadap para petani.

Wolo pada kesempatan itu menitipkan pesan agar pengurus baru nanti dapat melaksanakan tugas secara baik dan menjaga marwah dari organisasi tersebut.

Ketua Panitia, Roni Tarung dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas perhatian berbagai pihak sehingga musda tersebut berjalan dengan lancar.

Susunan pengurus DPD PERHIPTANI Kabupaten Alor

Seperti disaksikan Wartawan, dalam agenda pemilihan Ketua DPD organisasi itu, jalannya sidang Musda dipimpin oleh Tarsius Tirik dan dua orang anggota anggota, yakni Anita Podhi dan Ponsiano Correia.(osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *