News  

Peduli Pendidikan, Bupati Belu Tanda Tangan MoU dengan Rektor UCB Kupang

Peduli Pendidikan, Bupati Belu Tanda Tangan MoU dengan Rektor UCB Kupang
Peduli Pendidikan, Bupati Belu Tanda Tangan MoU dengan Rektor UCB Kupang

TIMORDAILYNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu dan Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU Kerjasama Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Mou ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepemimpinan Bupati Belu dokter Agus Taolin dan Wabup Belu doktor Alo Haleserens.

Andapun tujuan dari MoU ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan aparat Pemerintah Kabupaten Belu pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, meningkatkan efisiensi, efektivitas dan mutu pelaksanaan program pembangunan daerah, serta pengembangan potensi sumberdaya daerah Kabupaten Belu.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Belu dengan Rektor UCB tersebut berlangsung di Aula Kampus Universitas Citra Bangsa Kupang, Rabu (15/03/2023).

Pemerintah Kabupaten Belu diwakili Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin  dan Universitas Citra Bangsa Kupang diwakili Rektor, Dr. Frans Salesman, S.E, M. Kes.

Ikut menyaksikan Ketua Dewan Pembina sekaligus Senator RI, Ir. Abraham P. Liyanto, Ketua Dewan Pengurus Yayasan Citra Bina Insan Mandiri, Ir. Benny R. Ndoenboey, M.Si dan GM. Harper Hotel Kupang, Asmuning.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi, Penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan; Penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya;

Berikutnya, Penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar, dan lokakarya; dan Kegiatan lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Berlakunya undang-undang Otonomi Daerah memberi peluang yang lebih luas bagi pemerintah daerah untuk mengelola segala sumber daya yang ada di daerah.

Kondisi ini memberikan peluang pemerintah daerah untuk membangun kerjasama dengan Perguruan Tinggi sebagai mitra strategis.

Sebagai mitra kerjasama strategis, Perguruan Tinggi dapat menyelaraskan Visi Misinya dengan Agenda Pembangunan Program Perioritas Pemerintah Kabupaten Belu, dalam mewujudkan pembangunan SDM yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif.

MoU dengan kampus ini bukan pertama kali, beberapa waktu lalu, MoU serupa juga telah diteken oleh Bupati Belu dokter Agus Taolin dengan UGM dan UI. (Prokopimbelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *