News  

Pemkab Belu dan Bethesda Yakkum Tanda Tangan MoU Pengendalian HIV

Pemkab Belu dan Bethesda Yakkum Tanda Tangan MoU Pengendalian HIV

TIMORDAILYNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Belu dan Bethesda Yakkum Yogyakarta melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Program Pengendalian Terpadu HIV-AIDS di Kabupaten Belu.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini berlangsung di Aula Kantor BP4D Kabupaten Belu, Kamis (8/11/2022). Tujuan ditandatanganinya MoU ini adalah untuk mencegah dan menghentikan Epidemi AIDS di seluruh wilayah Kabupaten Belu.

Dalam sambutannya Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM mengucapkan terima kasih kepada pihak Yakkum Yogjakarta yang sudah meluangkan waktu, perhatian dan rasa cinta kepada masyarakat Kabupaten Belu khususnya bagi penderita HIV-AIDS.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Belu, kami menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Yakkum yang hari ini hadir bersama kita disini,” ucapnya.

Disampaikan pula, Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit memiliki beban tugas yang sedemikian berat dalam memerangi HIV-AIDS.

“Terkait upaya preventif dan promotif di puskesmas, seorang petugas harus berjalan dari rumah ke rumah untuk promosi kesehatan dalam upaya mencegah supaya orang jangan kena penyakit. Pada saat yang sama dia harus melayani orang sakit di puskesmas, melakukan rujukan, memberikan imunisasi, melakukan pelayanan program TBC dan Malaria serta pelayanan lainnya,” papar Bupati Belu.

Ia menambah, beban ini yang harus menjadi perhatian Dinas Kesehatan dan petugas puskesmas, agar memprioritaskan program kerja dengan berkolaborasi bersama pihak lain, sehingga semua pelayanan kesehatan dapat berjalan dengan baik.

“Untuk mengurangi resiko peningkatan penyebaran HIV-AIDS ini, agar alat suntik dan peralatan kesehatan lainnya yang digunakan dapat disterilisasi jika sudah di gunakan,seperti jarum suntik segera dimusnahkan,” tandas Bupati Belu.

Direktur YAKKUM Yogjakarta, Wahyu Priyo Saptono dalam laporannya, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu atas dukungannya kepada Yayasan UPKM/CD Bethesda Yogyakarta.

“Kehadiran kami di Kabupaten Belu merupakan bagian dari tugas panggilan dan kami fokus pada isu kesehatan dengan konsep pelayanan kesehatan primer. Secara substansi bagaimana pelibatan masyarakat sipil atau organisasi-organisasi masyarakat untuk terlibat dalam mengatasi masalah kesehatan,” katanya. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *