News  

Pemkab Belu Deklarasi Stop BABS

Pemkab Belu Deklarasi Stop BABS

TIMORDAILYNEWS.COM – Dalam upaya menuju perilaku hidup bersih dan sehat, Pemerintah Kabupaten Belu Deklarasi Kabupaten ODF (Open Defecation Free/Stop Buang Air Besar Sembarangan). Acara deklarasi ditandai dengan pelepasan balon gas di Lapangan Umum Atambua, Jumat (9/12/2020).

Deklarasi ODF merupakan pernyataan Kabupaten, yang mana Kabupaten Belu telah bebas dari Perilaku Buang Air Besar di Sembarang Tempat, setelah memenuhi proses verifikasi dan ditetapkan sebagai salah satu Kabupaten STBM terbaik di Indonesia.

Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM mengatakan beberapa saat yang lalu kita mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, terkait komitmen Pemerintah Kabupaten Belu mengakhiri atau membebaskan masyarakat dari buang air besar sembarangan.

“Apresiasi Pemerintah Pusat merupakan upaya kita bersama seluruh masyarakat Kabupaten Belu. Baik Lurah, Kepala Desa, Kepala Dusun, beserta seluruh stakeholder dan komponen masyarakat yang berjuang selama ini, untuk membebaskan daerah ini dari kegiatan buang air besar sembarangan,” ungkap Bupati Belu.

Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) adalah perilaku tidak sehat yang masih sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Penduduk masih berperilaku BAB sembarangan.

Mereka pun bisa mandi dan mencuci pakaian di sungai yang sama. Akibatnya, mereka rentan terkena penyakit diare. Selain diare, balita mudah terserang pneumonia dari pencemaran tinja melalui udara.

“Dampak penyakit yang paling sering terjadi akibat buang air besar sembarangan ke sungai, membuat orang terkena diare. Setelah itu bisa menjadi dehidrasi, lalu karena kondisi tubuh turun maka masuklah penyakit-penyakit lain,” terangnya.

Bupati Belu pada saat itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu atas segala upaya dan usaha hingga kita berhenti disini.

“Dan hari ini kita sudah mendeklarasikan bahwa Kabupaten Belu ini sudah bebas dari buang air besar sembarangan,” tandas Bupati Belu.

Pantauan, Deklarasi Kabupaten ODF bertepatan dengan perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia, dan oleh KPP Pratama Atambua memeriahkannya dengan memberikan Goodyback kepada perwakilan masyarakat, sekaligus menghimbau kepada ASN Pemkab Belu untuk menghindari korupsi dan jangan lupa membayar pajak. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *