News  

Pemkab Belu Dorong Percepatan Penanganan Transisi Darurat Menuju Pemulihan Pasca Bencana

Pemkab Belu Dorong Percepatan Penanganan Transisi Darurat Menuju Pemulihan Pasca Bencana
Pemkab Belu Dorong Percepatan Penanganan Transisi Darurat Menuju Pemulihan Pasca Bencana
TIMORDAILYNEWS.COM – Pemkab Belu di bawah kepemimpinan Bupati Belu, dokter Agus Taolin dan Wakil Bupati Belu, doktor Alo Haleserens mendorong percepatan penanganan transisi darurat menuju pemulihan pasca bencana.
Saat ini penanganan bencana akan memasuki tahap transisi darurat menuju pemulihan. Meskipun seluruh bantuan telah disalurkan, tetapi masih terdapat sejumlah isu yang perlu diberi perhatian serius. Isu tersebut, terkait skenario percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi melalui program relokasi.

Merespon urgenitas tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Belu mendorong penguatan kolaborasi multipihak dengan menggelar Evaluasi Penanganan Tanggap Darurat Bencana di lokasi pengungsian Foholulik, Desa Lutharato, Kecamatan Lamaknen, Kamis (09/03/2023).

Evaluasi tersebut dimaksudkan, agar upaya penanganan bencana bisa tepat waktu, sehingga hak-hak masyarakat dapat terpenuhi. Oleh karena itu diperlukan sinergitas manajemen penanggulangan bencana, sehingga penanganan masalah bencana bisa tuntas.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Belu, Vincensius K. Laka, ST mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dan berdiskusi dengan Camat dan Kepala Desa, mengenai penyediaan lahan relokasi, dengan skema memanfaatkan material yang masih bisa terpakai untuk membangun kembali hunian sementara.

“Setelah kita masuk ke masa transisi dan recovery ini, mau tidak mau, kita harus memindahkan warga ke lahan yang sudah disiapkan,” ucap Vincensius.

Ia menambah, BPBD juga telah berkoordinasi dan mengirim permohonan ke BNPB Pusat terkait bantuan kepada warga terdampak. (prokopim/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *