Pemkab Malaka Siapkan Lahan 3.500 Hektar Untuk Wujudkan Swasembada Pangan

 

TIMORDAILYNEWS.COM, MALAKA -Lahan seluas 3.500 hektar yang tersebar di enam Kecamatan di Kabupaten Malaka telah dipersiapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka demi mewujudkan program Swasembada Pangan.

Program yang diusung Bupati Simon Nahak dan Wakil Bupati Louise Lucky Taolin ini menjadi salah satu program prioritas yang tertuang dalam visi dan misi utama yang dikemas dalam program Sakti. Dimana perwujudannya pada Beras Nona Malaka dan Fore Lakateu.

Dikatakan Bupati Simon, tahun 2022 ini pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan program yang menjadi prioritas pada masa kepemimpinan periode ini.

“Tahun ini kita sudah siapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan program Swasembada Pangan dan salah satunya adalah persiapan lahan seluas 3.500 hektare,”demikian kata Bupati Malaka saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 17 Maret 2022.

Lanjut Bupati Simon, lahan seluas 3.500 hektar tersebut tersebar di enam Kecamatan yang telah menjadi target Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka.

“Lahan sebesar 3500 hekktare itu sudah didata oleh dinas tekhnis dalam hal ini Dinas Pertanian sesuai dengan spesifikasi wilayahnya sehingga tidak mubazir dalam mewujudkan program ini. Saya juga sudah perintahkan agar pendataan itu harus tepat dan benar,”ungkapnya.

Bupati Simon juga menegaskan dirinya tidak main-main dan fokus untuk memberikan perhatian kepada masyarakat Kabupaten Malaka.

“Saya secara pribadi akan tetap fokus dengan program Swasembada Pangan tanpa mengabaikan program lainnya sesuai visi misi SAKTI yang kami usung. Sehingga Saya bersama Wakil Bupati akan tetap memacu dinas dan instansi tekhnis terkait,”tuturnya.

Ditanya ikutan dari program Swasembada Pangan, Bupati Simon mengatakan bahwa Rumah Produksi merupakan sesuatu yang mutlak perlu.

“Tentunya dalam mendukung Swasembada Pangan harus dibuatkan Rumah Produksi, agar hasil yang diperoleh dapat diolah dengan baik dan sesuai peruntukkannya,” ungkapnya lagi.

Pada kesempatan yang sama Bupati Simon Nahak menggambarkan, sampai dengan saat ini Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Pertanian sudah mulai membagikan 180 ton pupuk subsidi kepada 1.500 kelompok tani dengan luas lahan 1500 hektare.

Selain itu juga ditambahkan dari swadaya masyarakat 2.000 hektare sehingga menjadi 3500 hektare. Ada dua jenis pupuk subsidi yang dibagikan yaitu pupuk Nitrogen, Fosmor, Kalium atau yang disebut NPK dan pupuk Urea. (gon/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *