News  

Pengamat Ekonomi ; 5 Desa Binaan Bank NTT Miliki Potensi Lokal Bervariatif

Pengamat Ekonomi NTT : 5 Desa Binaan Bank NTT Miliki Potensi Lokal Bervariatif
Pengamat Ekonomi NTT : 5 Desa Binaan Bank NTT Miliki Potensi Lokal Bervariatif

TIMORDAILYNEWS.COM, MALAKA – Pengamat Ekonomi NTT sekaligus dewan juri pada festival Desa binaan dan Festival PAD yang diselenggarakan Bank NTT Dr. James Adam mengungkapkan potensi yang dimiliki lima Desa binaan Bank NTT Cabang Betun di Kabupaten Malaka memiliki potensi lokal yang bervariatif.

Potensinya bervariatif mulai dari potensi pertanian, perkebunan, kerajinan tangan serta produk usaha kecil menengah lainnya.

Potensi yang dimiliki oleh desa tersebut sebagai sumber penopang dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Seperti di Desa Webriamata ada pengrajin gerabah. Di Bakiruk ada meubeler. Di Lakekun Barat ada kolam ikan. Tapi semua itu belum dikelola secara profesional,”ujar Dr. James Adam kepada wartawan di lokasi Pujasera Betun, Kamis 18 Agustus 2022.

Lanjut Pengamat Ekonomi di NTT ini bahwa potensi yang dimiliki belum dikelola secara profesional. Masyarakat terkesan masih menunggu kapan ada pameran baru pergi untuk dipamerkan atau dipajang atau kapan ada yang mau pesan baru dibuat. “Ini yang menjadi titik perhatian kita untuk menjaring mitra. Karena mitra itu banyak. Caranya kita bisa titip produk kita di kios-kios atau restoran,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lakekun Barat, Luan Martinus saat ditemui media ini di ruang kerjanya usai mengikuti kegiatan wawancara bersama dewan juri mengungkapkan apresiasi kepada Bank NTT yang telah memilih Desa Lakekun Barat sebagai salah satu Desa binaan dari 127 Desa yang ada di Kabupaten Malaka.

Luan Martinus juga mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran Bank NTT dalam kegiatan festival Desa binaan dan festival PAD di Kabupaten Malaka.

“Dengan adanya penilaian ini kami akan terus menggali dan mengelola potensi alam yang ada di Lakekun Barat. Sehingga dengan adanya pendampingan dari Bank NTT Cabang Betun semua potensi yang ada ini dapat dioptimalkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat di sini,”ungkap Luan Martinus.

Dirinya berharap agar dengan adanya pendampingan dari Bank NTT Cabang Betun, Lakekun Barat dapat menjadi Desa bertumbuh atau berkembang dalam pengelolaan potensi lokal Desa.

“Karena kami disini ada kolam ikan yang sementara dikelola oleh BUMDES. Kita juga akan rapat bersama untuk membuat cafe disekitar kolam yang akan dibuka pada malam hari.

“Karena untuk fasilitas pendukung seperti WiFi kita sudah ada. Tinggal kita tata lagi supaya selain orang datang main WiFi pengunjung juga dapat menikmati makanan khas lokal dari Lakekun Barat,”tandas Luan Martinus.

Sementara itu, Sekertaris Desa Wehali, Hironimus R.Y. Seran juga menyampaikan apresiasi kepada Bank NTT yang sudah memberikan penilaian terkait dengan pemanfaatan potensi dimiliki oleh Desa Wehali yang merupakan salah satu Desa yang letaknya pas di pusat ibu kota Kabupaten Malaka.

“Tentunya penilaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk mendorong pelaku ekonomi untuk berusaha dan membangun mitra dengan kelompok UMKM lainnya,”jelas mantan wartawan Pos Kupang ini.

Lanjut Roni, salah satu potensi yang dimiliki Desa Wehali adalah Pujasera atau Pusat Jajanan Serba Ada atau Pusat Jajanan Selera Rakyat.

“Ini berkat kemitraan yang baik antara Dinas Pariwisata, Pemerintah Desa dan juga Bank NTT. Karena itu kita berharap semoga dalam ajang festival Desa binaan dan festival PAD ini Desa Wehali bisa masuk dalam nominasi juara,”ungkap Roni.

Sebagai informasi, pengumuman juara festival Desa binaan dan festival PAD pada tanggal 20 Desember 2022 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Nusa Tenggara Timur. (gon/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *