News  

Peringati HAN Tahun 2022, Bupati Belu : Anak Harus Dijamin Hak Hidupnya

Peringati HAN Tahun 2022, Bupati Belu : Anak Harus Dijamin Hak Hidupnya

TIMORDAILYNEWS.COM – Anak sebagai penerus cita cita perjuangan bangsa, anak harus dijamin hak hidupnya untuk tumbuh dan berkembang sesuai harkat dan martabatnya. Hal tersebut dikatakan Bupati Belu dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022, Jumat (22/7/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Matahari Atambua itu sebagai bentuk perhatian para pihak, baik pemerintah daerah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media masa untuk terus bersama-sama melakukan kerja nyata yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak sesuai tugas dan kewenangan masing-masing.

Bertajuk “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belu ini, diikuti 200 anak, terdiri dari Komunitas/Forum Anak, anak-anak Disabilitas, PAUD, TK, SD, SMP/Madrasah dan SMA serta dihadiri pula OPD terkait, Forkompinda dan aktivis PATBM.

Tujuan diselenggarakannya Peringatan HAN tahun 2022 ini adalah membangun komunikasi lintas sektor, lintas pemangku kepentingan, masyarakat dan dunia usaha untuk mendengarkan suara anak dan partisipasi diberbagai bidang dalam rangka pemenuhan dan perlindungan hak anak.

Bupati Belu  dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM pada kesempatan itu mengatakan, sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa, anak harus dijamin hak hidupnya untuk tumbuh dan berkembang sesuai harkat dan martabatnya.

Untuk itu, anak perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, maka perlu dilakukan upaya perlindungan untuk mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak – haknya.

“Hak – hak anak itu sebenarnya sudah ada. Kerena itu perlu dukungan dan kerjasama lintas sektor dari tingkat kabupaten sampai desa, sehingga terwujudnya generasi muda Kabupaten Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif,” tandas Bupati Belu di hadapan peserta HAN.

Untuk diketahui, acara peringatan HAN Tahun 2022 ini, diisi dengan berbagai kegiatan seperti, Lomba mewarnai untuk anak-anak PAUD/TK dan SD, aksi penyerahan bunga, kuis berhadiah dan penyerahan hadiah lomba mewarnai dan pemutaran film pendek oleh Komunitas/Forum Anak. Selain itu, juga dilakukan penyerahan Akte Kelahiran oleh Bupati Belu kepada Desa Mandeu, Raimanus dan Desa Naekasa. (Layanan Info Publik Belu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *