News  

Pimpin Apel Awal Minggu, Wabup Belu Ingatkan ASN Jangan Habiskan Waktu di Belakang Meja

Pimpin Apel Awal Minggu, Wabup Belu Ingatkan ASN Jangan Habiskan Waktu di Belakang Meja

TIMORDAILYNEWS.COM – Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM menegaskan kepada setiap Pimpinan Perangkat Daerah untuk melakukan pengawasan dan memastikan agar seluruh ASN pada setiap OPD dapat melaksanakan tugas dan fungsi (Tusi), disertai evaluasi dan monitoring (Monev), sesuai pekerjaan yang dilaksanakan, serta diberi penghargaan yang setimpal sesuai dengan kewenangan kepada staf.

Hal itu diucapkan, Wabup Belu saat memimpin Apel Awal Minggu, Senin (29/08/2022) di Halaman Kantor Bupati Belu. Turut hadir, Sekda Belu, Para Asisten, Pejabat Eselon 2 dan 3, serta Para Pejabat Fungsional yang disetarakan.

Wabup Alo mengatakan, guna meningkatkan kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) diperlukan ketegasan dari setiap Pimpinan OPD dalam melakukan pengawasan. Selain ketegasan dalam hal pengawasan, diperlukan juga perencanaan yang baik dalam menjalankan kerja.

“Hal itu harus dilakukan agar dalam melaksanakan Tusi, para ASN ini terarah dan tidak melenceng dari visi dan misi yang ditargetkan. Oleh karena itu, pengawasan harus selalu melekat sampai tingkat ke bawah, yakni eselon II ke eselon III, eselon III ke eselon IV dan seterusnya. Setelah itu per minggu akan kita evaluasi dan dibuatkan planning yang baik,” jelas Wabup.

Lanjut Wabup, dalam sepekan terakhir, dirinya mencoba masuk ke OPD-OPD untuk melihat progres pemanfaatan APBD, dan bagaimana strategi yang digunakan setiap OPD untuk menyerap anggaran yang ada.

“Saya minta kepada para Pimpinan OPD untuk bekerja secara baik dan bertanggung jawab. Ingat, saat ini semua sudah menggunakan sistem aplikasi, oleh karena itu harus pegang teguh pada kesesuaian antara rencana yang telah ditetapkan dengan hasil capaian saat dilaksanakan monitoring tersebut, dan semoga tiap pimpinan OPD dapat memperhatikan ini secara baik,” terangnya.

Disampaikan pula, agar setiap ASN membiasakan diri dengan disiplin dalam menjalankan tugas.
Hindari penumpukan pekerjaan, yang membuat kita menjadi jenuh. “Ciptakan suasana atau iklim kerja yang nyaman disetiap OPD, karena hal itu dapat mendorong motivasi kerja, yang pada akhirnya dapat menciptakan kualitas kinerja atau prestasi kerja ASN itu sendiri,” ujarnya.

Wabup Alo menambah, jika ada persoalan internal, segera diselesaikan di OPD masing-masing. Jangan sampai dibawa kemana-mana.

“Jika tidak puas, silahkan duduk dan diskusi bersama untuk mencari solusi yang konstruktif. Untuk Camat dan Lurah sebagai pimpinan operasional lapangan, jangan habiskan waktu setiap hari hanya dibelakang meja, sehingga persoalan dilapangan tidak pernah selesai,” tandas Wabup. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *