News  

Program Desa Sehat dan Belu Berbunga, TP PKK Belu Serius Bangun Masyarakat Sehat dan Berkarakter

Program Desa Sehat dan Belu Berbunga, TP PKK Belu Serius Bangun Masyarakat Sehat dan Berkarakter

TIMORDAILYNEWS.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Belu memiliki sejumlah program unggulan guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif. Salah satunya melalui progran Desa Sehat dan Belu Berbunga.

Untuk mewujudkan program tersebut, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Freny Sumantri Taolin dan Rinawati Br. P. Haleserens, bersama rombongan pada Kamis lalu melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Kota Atambua.

Kedatangan Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu bersama rombongan diterima secara resmi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Kota Atambua dan Camat Kota Atambua, dihadiri Pengurus PKK Kecamatan, Pengurus PKK Desa, perwakilan dari Polres Belu, Tokoh Agama, Para Kepala Puskesmas, Lurah se- Kecamatan Kota Atambua dan Ketua TP. PKK Kelurahan se-Kecamatan Kota Atambua.

Ketua TP PKK Kabupaten Belu pada kesempatan itu mengatakan, kunjungannya di Kecamatan Kota Atambua selain membawa agenda pokok terkait 10 Program Pokok PKK juga membawa dua program utama, yakni Desa Sehat dan Belu berbunga.

Terkait dengan 10 Program Pokok PKK, ia berharap kepada seluruh Tim Penggerak PKK se – Kecamatan Kota Atambua bersama kader-kader PKK, agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, guna meningkatkan kualitas dan kapasitas masing-masing, sehingga kegiatan PKK ini bukan hanya menjadi kegiatan rutin, tetapi sebagai momen untuk menumbuhkembangkan semangat dalam melakukan inovasi dan kreatifitas yang manfaatnya benar-benar bersentuhan langsung dengan kebutuhan keluarga dan masyarakat.

Sebagai mitra pemerintah, TP PKK di daerah ini diharapkan dapat berperan aktif dan bersinergi dengan jajaran pemerintah daerah dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Karena itu, melalui kesempatan ini, saya selaku Ketua TP. PKK mengimbau kepada seluruh TP. PKK se-Kecamatan Kota Atambua untuk mendukung penuh Tim Penggerak PKK di wilayahnya masing – masing dalam melaksanakan program kerjanya,” ungkapnya.

Terkait Desa Sehat, secara khusus, ia menyebut, tujuan pengembangan Program Pengembangan Desa Sehat dimaksudkan selain meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan, juga untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat desa dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan masing – masing.

“Desa Sehat adalah sehat secara keseluruhan yakni masyarakatnya, lingkungannya, manusianya, sedangkan Belu Berbunga kita membuat lingkungan bersih, indah dan nyaman dan kami berharap semua tempat baik itu di kantor-kantor, kecamatan, desa semua lingkungannya cantik,” tandasnya.

Terkait Belu Berbunga, ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung program Belu Berbunga di Kabupaten Belu, karena menurutnya, lingkungan yang hijau dan bersih merupakan aset bersama yang harus dijaga. Karena itu, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi kecamatan lain.

“Program ini bertujuan mempercantik dan menambah keindahan Kota Atambua dengan gerakan menanam bunga di sejumlah lokasi, baik di Ibu kota Kabupaten, kecamatan maupun wilayah desa,” imbuhnya.

Selain melakukan kunjungan Kerja di Kecamatan Kota Atambua, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK bersama rombongan, pada Jumat (26/8/2022), juga melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Atambua Selatan.

Pada kunjungan itu, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK melakukan tatap muka sekaligus diskusi langsung dengan seluruh peserta yang hadir, terkait dengan potensi dan komoditas unggulan yang ada di Kecamatan Atambua Selatan. Kesempatan tersebut, juga digunakan Ketua TP PKK dan rombongan untuk melihat hasil olahan pangan lokal dan hasil kerajinan tangan dari ibu – ibu PKK.

Kunjungan kerja ini diakhiri dengan penanaman bunga secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Wakil Ketua TP PKK kabupaten Belu dan beberapa kader PKK di halaman Kantor Camat Kota Atambua dan Atambua Selatan. (Tim Layanan Info Publik/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *