News  

Rencana Bantuan 52.000 Unit Rumah, FKPTT Dialog dengan Bupati Belu

Rencana Bantuan 52.000 Unit Rumah, FKPTT Dialog dengan Bupati Belu

TIMORDAILYNEWS.COM – Menyikapi rencana bantuan 52 Ribu Unit rumah kepada warga eks Timor-Timur yang bermukim di wilayah NTT, Forum Komunikasi Pejuang Timor Timur (FKPTT) mendatangi Kantor Bupati Belu, Kamis (30/6/2022). Kehadiran FKPTT diterima Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM dan Drs. Aloysius Haleserens, MM, Plt. Kadis PUPR, Kepala Pertanahan, Kaban Kesbangpol dan Kadis PMD.

Sekretaris FKPTT, Agus Pinto menyampaikan, bantuan 52 ribu unit rumah itu diperoleh setelah Ketua Umum FKPTT, Eurico Guteres bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta belum lama ini.

Menurut Agus Pinto, Eurico Guteres mengusulkan pembangunan 52.000 rumah, rinciannya, 27.000 rumah direnovasi dan 25.000 bangunan baru. Data tentang rumah, sudah diserahkan ke Presiden RI.

“Sesuai arahan, puluhan ribu rumah yang akan dibangun itu, tidak saja untuk warga eks Timtim, tetapi juga warga NTT yang membutuhkan. Presiden Jokowi juga mengingatkan agar lahan yang dijadikan lokasi pembangunan rumah itu aman untuk dibangun. Sehingga, tidak ada persoalan hukum dikemudian hari,” tandasnya.

Sebagai laporan awal, Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus menyampaikan agar dibentuk tim kerja sehingga dapat mempersiapkan segala sesuatu terkait berkas dan administrasi secara cepat dan terarah.

“Ini merupakan informasi awal bahwa akan datang bantuan sudah jelas, tetapi bantuan itu datang kapan kita belum tahu. Pemerintah Kabupaten dan Provinsi akan bersinergi untuk melakukan pendataan, termasuk mempersiapkan lahan dan lain-lain,” ungkap Bupati Belu.

Oleh karenanya perlu dibentuk Tim untuk melakukan identifikasi dan memberikan alternatif solusi kepada kita.

“Tim yang dibentuk nanti ada komponen pemerintah dan FKPTT, kemudian kita lakukan verifikasi lapangan. Bagi penerima manfaat yang telah didata oleh FKPTT kita singkronkan dengan data pemerintah,” pinta Bupati.

Sesuai Laporan FKPTT, Total keseluruhan data Eks Timor-Timur di Kabupaten Belu yang didata dan dikirim ke pusat adalah 10.436 KK ditambah masyarakat lokal sebanyak 7.502 KK sehingga totalnya menjadi 17.938 KK. Data ini berdasarkan data desa dimana ada warga Eks Timor-Timur. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *