News  

Sambutan Mewakili Seluruh Sekretaris Daerah se NTT, Sekda Belu Bicara 3 Kewenangan Kominfo

Sambutan Mewakili Seluruh Sekretaris Daerah se NTT, Sekda Belu Bicara 3 Kewenangan Kominfo
Sambutan Mewakili Seluruh Sekretaris Daerah se NTT, Sekda Belu Bicara 3 Kewenangan Kominfo

TIMORDAILYNEWS.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin mewakili seluruh sekda kabupaten/kota se NTT membawakan sambutan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tingkat Provinsi NTT di Swiss Belcourt Hotel Kupang Jl.Timor Raya No 5 Kelapa Lima.

Rakor yang diselenggarakan sejak Rabu, 22 Februari 2023 hingga Kamis, 23 Februari 2023 tersebut mengusung tema, ‘Kolaborasi Untuk Peningkatan Layanan dan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Provinsi NTT.

Selain para sekda, Rakor ini juga dihadiri Pimpinan DPRD se Kabupaten/Kota NTT.

Dalam sambutannya, Sekda Belu, Johanes Andes mengatakan dalam konteks Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, kita hadir di sini untuk melaksanakan sebagian kewenangan dalam konteks komunikasi dan informasi.

“Minimal kita di Kabupaten melaksanakan 3 kewenangan, yang pertama kewenangan komunikasi dan informatika, kedua kewenangan urusan statistik, dan ketiga adalah urusan persandian, dan ini sangat kompleks. Sebagai dinas besar, apakah semua fungsi dan semua urusan ini sudah dilaksanakan,” ungkap Sekda JAP.

Sekda Johanes yang juga Master Keuangan Daerah Jebolan UGM ini tidak menampik, bahwa ini menjadi pekerjaan rumah sekaligus tantangan bagi dinas kominfo sebagai leader di segala aspek.

“Kalau kita bicara untuk suksesnya tranformasi digital, salah satunya adalah kesiapan SDM, aspek pengetahuan, aspek keahlian dan pelatihan, maupun budaya kerja. Ini harus dimulai, kendati untuk menerapkan itu memang tidak gampang,” katanya.

Telekomunikasi dan transformasi digital memang bisa diibaratkan sebagai dua sisi mata uang, karena keduanya memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain.

“Di satu sisi, telekomunikasi memungkinkan transformasi digital terjadi dengan menyediakan infrastruktur dan jaringan untuk menghubungkan orang-orang dan perangkat secara global. Tanpa telekomunikasi yang efektif, transformasi digital tidak mungkin terjadi,” ungkap Sekda JAP.

Di sisi lain, transformasi digital memengaruhi perkembangan telekomunikasi dengan membuka peluang baru untuk bisnis, inovasi, dan pertumbuhan ekonomi.

“Transformasi digital telah mengubah cara kita menggunakan teknologi, dari penggunaan telepon dan pesan singkat menjadi aplikasi berbasis internet yang lebih canggih seperti video call dan layanan,” tandas Sekda Johanes.

Dengan kata lain, telekomunikasi dan transformasi digital saling mendukung satu sama lain dan menjadi dua sisi yang tak dapat dipisahkan dari kemajuan teknologi

“Oleh sebab itu dalam rapat koordinasi hari ini merupakan upaya untuk menyesuaikan strategi koordinasi melibatkan seluruh unsur dan ini merupakan salah satu upaya untuk menjembatani itu,” pungkasnya. (Prokopimbelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *