Siregar : Jadwal Pelaksanaan Pemilu 2024 Masih Tunggu “Ketok Palu” Komisi II DPR

Siregar : Jadwal Pelaksanaan Pemilu 2024 Masih Tunggu "Ketok Palu" Komisi II DPR
Siregar ketika berikan arahan di Kantor Bawaslu Alor

TIMORDAILYNEWS.COM, ALOR – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Fritz Edward Siregar, S.H, LL M PhD menyatakan pelaksanaan pesta demokrasi pemilu 2024 yang dijadwalkan tanggal 28 februari belum final.

Jadwal yang pastinya masih menunggu “ketok palu” atau keputusan rapat Komisi II DPR RI yang akan digelar nanti.

Hal ini disampaikan Siregar kepada Timordailynews.com di Kantor Bawaslu Kabupaten Alor, pada Minggu (4/7/2021) ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Alor.

Siregar menjelaskan, informasi saat ini tentang pemilu 2024 jatuh pada tanggal 28 februari 2024 masih belum final. Ketetapan waktu tersebut disepakati baru dalam pembahasan di tingkat rapat pleno.

Pembahasan rapat pleno ini, jelas Siregar, akan dibawah ke rapat komisi untuk pembahasannya. Hasilnya baru akan disahkan dari rapat komisi, sehingga intinya menunggu “ketok palu” dari komisi II dalam rapat nanti.

“Kita belum tahu rapatnya kapan. Seharusnya digelar tanggal 8 Juli besok nanti ada rapat persiapan pemilu 2024 di komisi II DPR, tetapi kita menunggu informasi saja, karena kita tahu Jakarta saat ini lagi lockdown,” ungkap Siregar.

Siregar melanjutkan, penentuan pemilu 2024 masih dibutuhkan pembahasan akhir, karena ada sejumlah pertimbangan strategis yang harus dibahas, antara lain tanggal 28 februari adalah Hari Raya Galungan, juga kondisi cuaca di bulan februari.

“Jadi masih beberapa opsen yang masih harus dibahas. Jadi kalau pindah ke tanggal 6 Maret 2024 sesuai dengan keinginan dari komisi II, tentu bagaimana persiapannya dari KPU,” ungkap Siregar.

Kendati demikian, Siregar menandaskan, persiapan-persiapan untuk pemilu 2024 terus dilakukan, seperti persiapan penyusunan anggaran dan hal tekhnis lainnya.

Siregar bersama Ketua dan anggota Bawaslu Alor, dan Korsek Bawaslu Alor

Berkaitan dengan kunjungannya kerja ke Bawaslu Alor ini, Siregar dalam arahannya minta agar Bawaslu Alor dapat menulis buku dan aktif di media sosial. Ini agar publik dapat mengetahui kerja bawaslu.

Siregar juga menekankan tentang pentingnya pelatihan kepada Panwascam dalam pelaksanaan pemilu nanti. Pelatihan bagi Panwascam ini diarahkan menggunakan modul sesuai kharakteristik wilayah. (osm/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *