News  

Tais Belu Masuk Nominasi Cendera Mata Terbaik API Award 2021, Begini Cara Dukung

Tais Belu Masuk Nominasi Cendera Mata Terbaik API Award 2021, Begini Cara Dukung

TIMORDAILYNEWS.COM – Tais Belu masuk dalam nominasi ajang Anugerah Pesona Indonesia (API Award) 2021.

Tais Belu masuk dalam kategori Cendera Mata Terbaik.

Tais Belu akan bersaing dengan 9 cendera mata lainnya dari 9 daerah yang berbeda.

Diantaranya, Anyaman Purun dari Kabupaten Paser, Batik Bono dari Kabupaten Pelalawan, Bonggol Jagung dari Kabupaten Pati, Gambo Muba dari Kabupaten Musi Banyuasin, Kasab Sulam Emas dari Kabupaten Aceh Singkil, Rajutan Tali Kur dari Kabupaten Kolaka, Tenun Pandai Sikek dari Kabupaten Tanah Datar, Tomang dari Kabupaten Fakfak dan Udeng Pacul Goang dari Kabupaten Sidoarjo.

Cara mendukung Kabupaten Belu dalam ajang API Award 2021 adalah:

1. Follow akun ig @ayojalanjalanindonesia Like sebanyak-banyaknya khusus TAIS BELU
2. Ketik SMS : API 6G kirim ke 99386
3. Masuk ke YouTube channel @apiaward dan Like TAIS BELU

Tais Belu masuk dalam jenis tenun ikat, lotis/sotis, dan buna. Ia memiliki 2 varian besar, yaitu Tais Futus dan Tais Soru.

Untuk Tais Futus, ciri khasnya kainnya ikat bersulam. Beda dengan Tais Soru yang berupa kain tenunan pada umumnya.

Dikutip dari website resmi Anugerah Pesona Indonesia, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik Masyarakat, pihak Industri/Swasta maupaun Pemerintahan-pemerintahan Daerah dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Pada penyelenggaraannya, API dimulai dengan mengajak para pejalan serta para wisatawan (domestik dan internasional), dan masyarakat luas di Indonesia untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terfavorit ataupun terpopuler menurut pendapat mereka.

Pemilihan dilakukan dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau obyek wisata yang dipilih melalui berbagai media channel Vote API (SMS, Aplikasi Android, Youtube) berdasarkan kategori pariwisata dan nominasi yang telah lolos dalam tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi.

API secara profesional selalu berupaya penuh dalam meningkatkan value (nilai) yang didapat oleh para Destinasi Pariwisata Daerah maupun Pemerintah Daerah dalam mengikuti setiap penyelenggaraan API ini.

Sehingga hal ini juga telah menjadikan peran baru API yang secara langsung telah memberikan konstribusi nyata terhadap peningkatan perkembangan Dunia Pariwisata dan pertumbuhan Ekonomi Kreatif di daerah-daerah di Indonesia. (kominfobelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *