Belu, News  

Tarian Likurai Belu Pukau Warga Oecusse-Timor Leste di Festival Pesona Indonesia

Tarian likurai tim dancer Kabupaten Belu dalam Pesona Indonesia di Distric Oecusse-Timor Leste, Sabtu (30/2/2019)

Tarian Likurai Belu Pukau Warga Oecusse-Timor Leste di Festival Pesona Indonesia
TIMORDAILY.COM,OECUSSE-Tarian Likurai yang ditampilkan peserta asal Kabupaten Belu memukau ribuan warga yang menonton festival Pesona Indonesia kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili bekerjasama dengan Raeoa E Zeesm Timor Leste di Distric Oecusse, Sabtu (30/3/2019) malam.
Penampilan tim penari dengan tarian Likurai khas daerah Timor di panggung Pesona Indonesia yang berlangsung di kompleks Gereja Numbei Raeao E Zeesm Oecusse-Timor Leste memukau ribuan warga yang memadati lokasi pelaksanaan kegiatan pameran budaya kedua Negara itu.
Selain itu, tidak ketinggalan dengan peserta asal Kabupaten tetangga yakni Kabupaten TTU yang menampilkan Tarian Bidu daerah Timor. Spontan warga Oecusse yang hadir menonton terbawa suasana dengan tarian khas daerah Timor tersebut.
Selain itu kegiatan Pesona Indonesia dimeriahkan juga
penampilan dari Mahasiswa Wydia Mandira Kupang yang membawakan tarian Helong. Juga penampilan tarian Senko dari Sumatera Utara oleh Dharma Wanita persatuan KBRI Dili.
Pameran budaya bernuansa persaudaraan itu dimeriahkan juga dengan berbagai tarian budaya daerah khas Timor seperti tarian dari pelajar SMA/SMK dan SD Oecusse, Puisi, Drama dan fashion show tais abat ke-20 oleh para pelajar Oecusse.
“Kami sangat bangga dari Belu datang ke Oecusse hari ini. Ini suatu kebanggan bagi kami dan sangat luar biasa ada kemajuan di Oecusse. Kami juga atas nama Pemkab mengundang warga Oecusse bisa ke Belu dalam rangka silaturahmi,” ujar Bupati Belu, Willybrodus Lay dalam sambutannya.
Dikatakan, warga kedua Negara, di perbatasan Oecusse dan TTU dengan Belu masih memiliki hubungan kekeluargaan yang erat. Memiliki adat, budaya Timor yang sama. Berbeda administrasi Negara, kita tetap bersaudara. Karena itu penting kita memupuk persaudaraan Indonesia dan Timor Leste.
“Kita harus sering lakukan kegiatan ini sehingga tali persaudaraan warga kedua Negara terus kita pupuk bersama. Ini satu persaudaraan yang harus kita junjung terus-menerus. Kami dari Belu sangat disambut warga Oecusse di tempat ini,” ujar Lay
Tarian Likurai peserta asal Belu

Sementara itu Deputi Presidente Raeoa E Zeesm Timor Leste, Arsenio Banu mengatakan, hari ini berkat Tuhan sangat besar sehingga kita semua baik dari Kabupaten Belu maupun TTU berkumpul di Oecusse. Terimakasih banyak kepada Duta Besar karena karena kerja keras dengan kami sehingga kegiatan ini terlaksana dengan aman dan lancar.
“Terimakasih atas dukungannya Duta Besar. Kami sangat senang ini karya nyata persaudaraan antara Indonesia dan Timor Leste. Batas politik bukanlah masalah budayanya, persaudaraan itulah tujuan kita. Kami sangat senang, terimakasih untuk Duta Besar,” ungkap Banu.
Bersamaan Duta Besar RI untuk RDTL, Sahat Sitorus menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan semua pihak, tanpa semua itu kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik. Kami sangat berbahagia dapat menyelenggarakan kegiatan ini di Oecusse.
“Keakraban masyarakat Oecusse, Belu dan TTU sangat kental.
Ikatan ini menjadi modal yg kuat membagun perekonomian di kedua wilayah,” ungkap dia.
Diharapkan kegiatan ini mampu membuka mata peserta agar potensi yang ada seperti budaya dan adat Timor dikembangkan. Indonesia sebagai negara tetangga terus berupaya melakukan kerja yang baik membuka peluang dagang investasi melalui giat seperi hari ini.
“Salah satu bidang penting SDM. Saat ini sebanyak 2700 warga asing mahasiswa asal Timor Leste terbesar kuliah di Indonesia. Selain itu bidang seni, penyelenggaraan kegiatan ini diyakini akan tingkatkan perdagangan antar kedua negara,” ucap Sitorus.
“Kita berharap tahun mendatang hubungan perdagangan kita akan terus meningkat. Ini kegiatan perdana dan ini akan terus dilakukan di waktu-waktu yang akan datang,” tambah Dubes RI untuk RDTL itu.
Kegiatan dalam rangka meningkatkan bidang ekonomi, budaya dan pendidikan dihadiri juga Wakil Bupati Belu J.T Ose Luan, Sekda Belu Petrus Bere, Pimpinan OPD, Pimpinan BNI, Mandiri, Bank NTT Cabang Atambua serta rombongan, juga Pemkab Timor Tengah Utara yang diwakili Asisten III Setda TTU dan rombongan, tokoh Agama dan pejabat Deputi bidang tekni Timor Leste.(TD)

google.com, pub-4291941378970298, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *