News  

Ternyata Begini Penilaian Ombudsman RI Terhadap Pelayanan Publik di Masa Kepemimpinan AT-AHS

Ternyata Begini Penilaian Ombudsman RI Terhadap Pelayanan Publik di Masa Kepemimpinan AT-AHS
Ternyata Begini Penilaian Ombudsman RI Terhadap Pelayanan Publik di Masa Kepemimpinan AT-AHS

TIMORDAILYNEWS.COM – Pelayanan publik di Kabupaten Belu di masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Belu, Dokter Agus Taolin dan Doktor Alo Haleserens ternyata mendapat penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia.

Sebagai Badan Pengawas Pelayan Publik, Ombudman RI menilai layanan publik Pemerintah Kabupaten Belu di masa Dokter Agus Taolin dan Doktor Alo Haleserens semakin baik.

Adapun penilaian itu berdasarkan sejumlah indikator yakni, layanan kesehatan dasar seperti puskesmas, layanan perizinan, serta akses pelaporan yang semakin mudah dijangkau.

Penilaian itu disampaikan Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng dan Kepala Perwakilan Ombudsman NTT, Darius Beda Daton, saat bertatap muka dengan Bupati Belu bersama jajaran di Ruang Rapat Bupati Belu, Rabu (15/02/2023).

Dengan layanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Belu, Ombudsman RI memberikan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2022.

Sebagaimana dilansir  prokopim.belukab.go.id, pnghargaan itu diterima Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Belu, Dra. Maria M.K. Eda Fahik, Kepala Puskesmas Umanen, Agusto Lopes dan Kepala Puskesmas Kota Atambua, dr. Yenny Tassa.

Predikat tersebut menunjukkan Pemkab Belu bisa melayani warga dengan komitmen mudah, murah, dan cepat.

Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng menilai, pelayanan publik dibidang perijinan, perekonomian dan bidang kesehatan di Kabupaten Belu terus mengalami perubahan yang luar biasa.

“Hari ini kita berkesempatan berdiskusi bersama Bupati Belu dan jajaran. Kita akan melihat langsung perubahan-perubahan yang sudah terjadi di sejumlah titik pelayanan publik, seperti perijinan, perekonomian dan kesehatan. Dalam pandangan kami perubahan itu sudah terjadi dan mulai kelihatan dampaknya bagi masyarakat. Ini yang kita harapkan untuk terus di pertahankan dan ditingkatkan,” papar Robert Na Endi.

Anggota Ombudsman RI ini juga mengapresiasi komitmen Bupati Belu bersama jajaran yang terus membenahi dan meningkatkan pelayanan publik di wilayah Perbatasan RI-RDTL, Kabupaten Belu.

“Kami yakin dan percaya komitmen Bapak Bupati dan jajaran untuk terus meningkatkan pelayanan publik di daerah ini. Ombudsman RI dan Perwakilan berkomitmen kuat untuk bersama-sama membantu Pemerintah Kabupaten Belu melalui koridor kewenangan yang kami miliki. Kami sangat yakin bahwa negara hadir melalui program – program yang bisa mengangkat harkat dan kualitas hidup masyarakat melalui sektor pendidikan, kesehatan dan perekonomian,” papar Robert.

Bupati Belu, Dokter Agus Taolin pada kesempatan itu menyampaikan, Kabupaten Belu mendapatkan kehormatan, dengan dikunjungi Bapak Robert Na Endi Jaweng selaku Anggota Ombudsman RI dan Bapak Darius Beda Daton selaku Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT.

“Kami menyambut baik kunjungan ini, untuk bisa melihat secara langsung pelayanan publik di daerah ini. Kami juga ingin mendapat masukan untuk terus melakukan perbaikan pelayanan di Kabupaten Belu,” ungkap Bupati Belu.

Disampaikan pula, Pemkab Belu selama ini senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kami pemerintah adalah abdi masyarakat, sudah menjadi kewajiban kami untuk melayani masyarakat, oleh karenanya kami terus mengadakan kolaborasi dan inovasi untuk perubahan yang lebih baik,” ucap Bupati Belu.

Bupati juga menuturkan Pemerintah Daerah termasuk Pimpinan OPD bersama jajaran, telah berkomitmen untuk bersikap profesional dan terus meningkatkan pelayanan.

“Kami bersyukur bahwa kabupaten Belu mendapatkan apresiasi dan beberapa penilaian yang bisa membanggakan untuk pelayanan publik di Kabupaten Belu. Terima kasih saya ucapkan kepada Pimpinan OPD dan seluruh ASN yang telah melayani masyarakat dengan hati, dan terima kasih sekali lagi untuk Ombudsman Republik Indonesia,” ungkap Bupati Belu. Pada kesempatan ini juga dilakukan Penyerahan Cindera Mata dari Ombudman RI kepada Pemerintah Kabupaten Belu dan Penyerahan Cindera Mata dari Bupati Belu kepada Ombudsman RI. (prokopimbelu/TIMOR DAILY/TIMORDAILYNEWS.COM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *