News  

Tingkatkan Pelayanan Publik di Perbatasan RI-RDTL, Pemkab Belu Replikasi 16 Aplikasi Inovasi

Tingkatkan Pelayanan Publik di Perbatasan RI-RDTL, Pemkab Belu Replikasi 16 Aplikasi Inovasi

TIMORDAILYNEWS.COM – Untuk meningkatkan pelayanan publik di wilayah perbatasan RI-RDTL, Pemerintah Kabupaten Belu mereplikasi 16 inovasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Sebelumnya, Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM diundang untuk menandatangi Pernyataan Komitmen Bersama Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BKSDN) Kemendagri, terkait Penerapan Replikasi Aplikasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah Layanan Pemerintahan (Puja Indah) Tahun 2022 di Hotel Borobudur Jakarta.

“Ada sekitar 12 aplikasi dan 4 aplikasi tematik dan ini tindaklanjuti seperti apa. Bagaimana kita menerapkan atau mengoperasikan hal ini di lapangan, sehingga bisa diakses oleh seluruh masyarakat,” kata Bupati Belu di Apel Awal Minggu, Senin (14/11/2022) yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Belu.

Selain itu, Bupati Belu mengingatkan agar dimusiM tanam ini, kita terus menanam di daerah-daerah yang kritis, termasuk sejumlah taman yang belum ditumbuhi bunga.

“Hari Jumat kita akan tanam lagi di daerah perbatasan dan saya minta seluruh ASN agar masing-masing menyediakan satu anakan pohon, nanti diarahkan jenis pohon apa, sehingga kita bisa menghijaukan ruang-ruang publik yang belum tersentuh,” ucap Bupati Belu.

Bupati Belu juga mengingatkan, agar penyampaian data dari setiap OPD harus akurat dan terukur, terkait apa yang sudah dikerjakan dan masalah apa yang dihadapi oleh masyarakat.

“Bagaimana OPD dapat membuka ruang komunikasi publik termasuk hotline untuk menerima aduan dari masyarakat. Selain itu kita berbicara pakai data dan terukur, tidak boleh bicara diluar konteks, termasuk data yang keluar dari OPD, menjadi tanggungjawab Pimpinan OPD,” tandasnya.

Ia menambah, dalam konteks pelayanan publik, komunikasi sangat dibutuhkan kemampuan atau kompetensi.
“Kita perlu pelatihan untuk bisa menyampaikan, apa yang harus disampaikan,” tutup Bupati Belu. (prokopimbelu/TIMORDAILYNEWS.COM/TIMOR DAILY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *